DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 20:53 WIB

Diserang Kampanye Hitam, Sudirman: Itu Ekspresi Politik Rendah!

Niken Purnamasari - detikNews
Diserang Kampanye Hitam, Sudirman: Itu Ekspresi Politik Rendah! Sudirman Said dan Ida Fauziyah. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Pasangan cagub-cawagub Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah menanggapi adanya fitnah terhadap mereka. Menurutnya, kampanye hitam tersebut menunjukkan ekspresi politik yang rendah dan berbahaya bagi demokrasi bangsa.

"Munculnya cara-cara kotor dan keji, dalam bentuk berita bohong, fitnah dan ujaran kebencian, tentu merupakan ekspresi dari politik rendah, yang membahayakan masa depan demokrasi kita," ujar Sudirman dalam pernyataan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (20/6/2018).

"Terhadap praktek yang demikian ini, kita tentu tidak bisa tinggal diam. Sikap tegas dan jelas harus diambil. Oleh sebab, jika kita diamkan, bukan saja praktek tersebut akan terus hidup, tetapi juga akan memberi kesan dibenarkannya cara-cara tidak beradab tersebut. Pembiaran merupakan bagian dari kejahatan demokrasi," lanjutnya.



Sudirman dan Ida menempuh jalur hukum terkait video viral yang berisi fitnah tersebut. Video yang dimaksud yakni 2 orang berbincang dan ditanya oleh perekam video soal Sudirman. Pria dalam video itu pun kemudian menjelek-jelekkan Sudirman dan di akhir video mereka menyatakan memilih paslon nomor urut 1.



"Intinya kami ingin jalan hukum, dan agar hukum tegak memberikan rasa keadilan. Kepada warga, kami meminta agar tenang menghadapi keadaan, dan beri kepercayaan
kepada hukum untuk bekerja," ujar Sudirman.

Keduanya berharap Pilgub Jawa Tengah dan Pilkada serentak pada 27 Juni mendatang dapat berjalan dengan adil, beretika, dan jujur.

"Kepada penyelenggara Pilkada, kami minta agar bersama-sama kita pastikan jalannya Pilkada secara jujur, beretika dan adil. Pilkada yang bersih dari politik rendah, pilkada yang menjadi pintu bagi perubahan Jawa Tengah," katanya.
(nkn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed