Sandi Usulkan Wisma Atlet Dijadikan Rusun Usai Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 20 Jun 2018 12:51 WIB
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Fida-detikcom).
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengusulkan Wisma Atlet dapat digunakan sebagai rusun bagi warga DKI usai gelaran Asian Games. Sandiaga tak ingin Wisma Atlet terbengkalai.

"Ini kualitas hotel bintang tiga dan kita sudah invest cukup dana yang cukup besar di sini. Jadi nanti salah satu yang kita bisa dorong adalah apakah ini bisa cocok untuk dikonversi menjadi salah satu suplai perumahan di DKI," kata Sandiaga di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

Sandiaga menuturkan unit yang ada di Wisma Atlet bertipe 21. Dia sudah melakukan pembicaraan ke pemerintah pusat untuk mendorong usulannya itu.

"Karena saya khawatir bila tidak digunakan setelah Paragames ini akan menyusut asetnya dan deteriorasinya sangat besar," urainya.

Sandiaga belum bisa memutuskan apakah Wisma atlet akan menjadi rumah susun sederhana sewa (rusunawa) atau rumah susun sederhana milik (rusunami). Namun dia memastikan bila Wisma Atlet bisa digunakan, akan menampung banyak keluarga di Jakarta.

"Kalau dilihat satu towernya aja kita bisa lihat ada seribu kamar. Jadi kalau misalnya ada tujuh tower cukup banyak suplainya," terangnya.

Wisma Atlet dibangun di atas lahan seluas 10,6 hektar dan memakan anggaran sebesar Rp 3,4 triliun. Pengelolaan Wisma Atlet tersebut saat ini menjadi tanggung Jawab Kementerian Sekretariat Negara.


Simak video Kali Item Kemayoran yang Tak Lagi Berbau
(fdu/nvl)