DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 12:14 WIB

Ramadan 2018

Syahdunya Idul Fitri di Cuaca Mendung Tokyo

Dedy Eka Priyanto - detikNews
Syahdunya Idul Fitri di Cuaca Mendung Tokyo Tertib mengantre salat Id gelombang berikutnya. Foto: dok. pribadi
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
Jakarta - Cuaca mendung dan udara dingin seiring akan datangnya badai di Jepang, tak menghalangi antusiasme warga muslim Indonesia menghadiri
pelaksanaan salat Idul Fitri yang dipusatkan di Masjid Indonesia Tokyo dan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Warga dari berbagai daerah, khususnya di luar Tokyo, sudah mulai berdatangan sejak malam takbiran dan menginap di masjid. Pelaksanaan salat Idul Fitri kali ini dibagi menjadi tiga gelombang.



Gelombang pertama dimulai pukul 6:30, terpagi di Jepang. Walaupun cukup pagi, tempat pelaksanaan sudah dipenuhi oleh warga yang masih terus bedatangan.

Di sesi pertama, Duta Besar RI untuk Jepang dan Mikronesia Ir. Arifin Tasrif berkenan hadir dan memberikan kata sambutan sebelum pelaksanaan salat Id dimulai.

Antrean jemaah salat Id. Antrean jemaah salat Id. Foto: dok. pribadi


Arifin mengapresiasi pelaksanaan solat Idul Fitri yang berlangsung dengan tertib dan menekankan pentingnya peran warga muslim Indonesia menyerukan Islam yang damai.

Ustaz Charis Bangun Samudra yang bertindak selaku khatib juga mengingatkan pentingnya mempertahankan amalan bulan Ramadan, seperti
menjaga perkataan, tidak mudah emosi dan amalan lain yang sudah dilatih selama Ramadan untuk diterapkan di bulan-bulan selanjutnya.

"Hingga gelombang terakhir, diperkirakan 3.000 warga mengikuti salat Id di sini. Alhamdulillah dengan dibantu oleh pihak kepolisian sekitar dan panitia dari berbagai profesi dan organisasi, pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini berjalan dengan tertib, tidak meninggalkan sampah dan tidak mengganggu warga Jepang sekitar," ujar Arif Darmawan, PJ Pelaksana salat Idul Fitri KMII, sekaligus mahasiswa doktor di Tokyo Institute of Technology.

Suasana salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Tokyo dan SRIT. Suasana salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Tokyo dan SRIT. Foto: dok. pribadi


Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, warga muslim berbondong-bondong menuju wisma duta-KBRI Tokyo untuk mengikuti acara halal bil halal.

Selain bisa bersilaturahmi dengan Dubes dan staf KBRI, warga bisa menikmati berbagai macam hidangan khas Indonesia mulai dari ketupat, gulai, rebung hingga telur balado.

Sala Id jadi ajang silaturahmi WNI di Jepang. Sala Id jadi ajang silaturahmi WNI di Jepang. Foto: dok. pribadi


Tidak hanya warga Indonesia, warga Jepang juga turut menikmati suasana halal bil halal di KBRI. Khusus untuk anak-anak, ada juga acara Ied Ceri yang diselenggarakan oleh Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang dan FGA.



Sambil belajar tentang Islam melalui drama dalam bahasa Jepang dan Indonesia, anak-anak mendapat berbagai macam hadiah menarik, sehingga bisa turut merasakan kebahagiaan di hari Idul Fitri.

Selamat Idul Fitri 1439 H untuk semua muslim di mana pun Anda berada, selamat menikmati waktu berkumpul bersama keluarga.


*) Dedy Eka Priyanto adalah WNI yang sedang tinggal di Tokyo. Dia juga merupakan anggota pengurus Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang.
(rns/rns)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed