DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 12:08 WIB

Korban Hilang KM Sinar Bangun yang Tenggelam di Danau Toba 186 Orang

Tsarina Maharani - detikNews
Korban Hilang KM Sinar Bangun yang Tenggelam di Danau Toba 186 Orang Tim SAR cari penumpang KM Sinar Bangun. (Foto: Dok. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Korban hilang penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba dilaporkan berjumlah 186 orang. Sebanyak 94 orang teridentifikasi, sedangkan 92 orang belum diketahui identitasnya.

"Hilang sudah teridentifikasi 94 orang. Yang belum teridentifikasi 92 orang. Itu data terakhir yang diterima tim SAR," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso di Posko Mudik Nasional Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, korban tewas dilaporkan menjadi 3 orang. Korban selamat disebutkan berjumlah 18 orang.

"Sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB, dari tim SAR bahwa korban selamat 18 orang, meninggal dunia 3 orang," papar Agus.

Laporan sebelumnya menyebut ada 19 korban yang sudah ditemukan. Satu di antaranya tewas, yakni penumpang perempuan bernama Tri Suci Hadayani (24), yang beralamat di Aceh Tamiang.





Dihubungi terpisah, Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi menyebutkan kapal tenggelam itu tanpa manifes penumpang. Jadi petugas SAR kesulitan mencari data penumpang.

Pihaknya mengetahui penumpang kapal itu dari laporan masyarakat. Saat ini ada 128 orang yang melaporkan keluarganya hilang saat menaiki kapal itu.

"Kita tahu dari masyarakat lapor ini, saudara saya hilang. Sudah ada 128 orang yang lapor saudaranya hilang."

Selain itu, hingga Selasa (19/6) sore, ada 94 nama penumpang kapal yang dilaporkan hilang.

Pencarian korban di Danau Toba akan dilakukan dalam 7 hari ke depan. Jika dirasa tidak cukup, masa pencarian korban akan ditambah 3 hari lagi. Ada 5 tim yang dibentuk untuk mempercepat penanganan korban KM Sinar Bangun, yang tenggelam pada Senin (18/6). Basarnas yang jadi leading sector akan mengerahkan tim khusus yang akan melakukan pencarian korban dengan cara menyelam ke danau.
(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed