DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 10:59 WIB

Hindari Nagreg, Pemudik Asal Tasik Melaju Mulus Via Ciamis-Cipali

Andi Saputra - detikNews
Hindari Nagreg, Pemudik Asal Tasik Melaju Mulus Via Ciamis-Cipali Foto drone jalur Nagreg (Tri Aljumanto/20Detik)
Nagreg - Jalur Nagreg menjadi simpul kemacetan di jalur selatan karena jalannya sempit yang berada di antara tebing dan jurang. Mengakalinya, pemudik asal Tasikmalaya, Tian Bachtiar memilih memutar terlebih dahulu via Ciamis. Perjalanan pun lancar.

Tian dan keluarganya balik ke Bekasi pada Senin (21/6) kemarin. Bila menggunakan jalur biasa, ia seharusnya melewati jalur Tasikmalaya-Nagreg-Bandung-Purbaleunyi-Cikampek-Jatiasih. Tapi, ia memprediksi jalur Nagreg akan macet parah.

"Berangkat dari rumah jam 08.00 WIB pagi," kata Tian kepada detikcom, Rabu (20/6/2018).


Untuk menghindari Nagreg, ia memilih memutar sedikit via Kawali Ciamis. Setelah itu ia belok kiri naik ke atas menuju Cikijing dan perjalanan dilanjutkan ke arah Majalengka.

"Lalu masuk Tol Kertajati- Cipali," tuturnya.


Sepanjang Cipali, meski rest area ditutup, tapi arus tersendat. Secara total, jalanan lancar. Tak sampai 6 jam, ia sudah sampai di rumah.

"Sampai Bekasi jam 14.30 WIB. Istirahat 2 kali. Di SPBU Cikijing 1 jam dan rest area di daerah Subang 30 menit," cerita Tian.


Saat mudik pada Selasa (12/6), ia nekat lewat jalur Bekasi-Purbaleungi-Nagreg-Tasik. Tapi di luar dugaan, Nagreg lancar.

"Berangkat jam 15.00 WIB sore. 6 Jam di jalan. Pukul 21.00 WIB sudah sampai rumah. Lancar jaya, beda dengan tahun lalu," kata Tian.

Dari cerita mudik Tian di atas, pemudik yang lain bisa mengambil tips sebagai berikut:

1. Pahami peta jalan.
2. Buat skenario perjalanan.
3. Jangan takut memutar/cari jalur alternatif, bisa jadi memang jarak lebih jauh dibanding jalur normal, tetapi arus lalu lintas lancar.
4. Terus update info lalu lintas.



Saksikan juga video: 'Arus Balik di Tol Cipali Pagi hingga Siang Dilihat dari Udara'

[Gambas:Video 20detik]


(asp/ear)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed