DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 10:09 WIB

Sudah 86 Ribu Pemudik Kembali Lewat Terminal Kampung Rambutan

Peti - detikNews
Sudah 86 Ribu Pemudik Kembali Lewat Terminal Kampung Rambutan Suasana arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (Peti/detikcom)
Jakarta - Puncak arus balik mudik Lebaran 2018 telah terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada H+4 kemarin atau 19 Juni. Hingga pagi tadi pukul 08.00 WIB, sudah ada 86.755 penumpang yang tiba di terminal kedatangan.

"Saat ini kedatangan secara berangsur yang pertama dari H+1 17.492 penumpang, H+2 22.044 penumpang. Puncaknya di tanggal 19 kemarin itu mencapai 27.541 penumpang. Berdasarkan catatan kami, 86.755 penumpang yang sudah tiba di Terminal Kampung Rambutan," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan Taufiq Winato saat diwawancarai wartawan di lokasi, Rabu (20/6/2018).


"Puncak arus baliknya tanggal 18-19, tapi sampai saat ini masih kelihatan yang datang. Mayoritas masyarakat itu memilih perjalanan malam, dominan itu subuh sudah banyak yang tiba," sambungnya.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan Taufiq WinatoKepala Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan Taufiq Winato (Peti/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi, suasana di Terminal Kampung Rambutan pagi ini tidak terlalu ramai. Tercatat, dari pukul 00.01 sampai 08.00 WIB, ada 6 ribu penumpang yang datang. Taufiq mengatakan, pada H+1 dan H+2 Lebaran, pemudik yang datang kebanyakan dari daerah Jawa Barat, seperti Bandung, Cirebon, dan Sukabumi. Sedangkan pada H+3, pemudik dari Jawa Tengah juga sudah berdatangan.



Taufiq menambahkan pihaknya akan terus melakukan pemantauan, khususnya bagi pemudik yang membawa pendatang baru ke Jakarta. Sejauh ini, menurutnya, tidak tampak pemudik yang membawa serta sanak saudara ke Ibu Kota.

"Artinya, kita berharap sebelum saudara kita mudik ini sudah banyak imbauan kepada mereka. Jika berangkatnya lima, maka pulang juga harus lima. Kebanyakan yang mudik dan yang datang dalam tahap yang sama. Dalam pemeriksaan masih yang penumpang yang mudik yang datang," ujarnya.
(hri/hri)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed