DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 09:55 WIB

Balik Semarang-Jakarta, Warga Keluhkan Minimnya Informasi One Way

Andhika Prasetia - detikNews
Balik Semarang-Jakarta, Warga Keluhkan Minimnya Informasi One Way One way (satu arah) di Tol Jakarta-Cikampek (Foto: Dok. Antara Foto)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Seorang warga bernama Danoe balik dari Semarang ke Jakarta setelah mudik Lebaran. Danoe mengeluhkan kurangnya sosialisasi one way di jalan tol.

Danoe pulang dari Semarang pada Selasa (19/6/2018) pukul 08.30 WIB melalui jalan tol. Berniat masuk Gerbang Tol Krapyak, ternyata Danoe harus memutar ke arah Jatingaleh dan kemudian mengarah ke Jakarta.


Kemacetan terjadi saat Danoe melintasi Jembatan Kalikuto yang menghubungkan ruas Kendal ke Batang. Danoe keluar menuju jalan raya di Batang dan kembali masuk jalan tol di Pemalang. Nah, di sini Danoe mengeluhkan kurangnya sosialisasi pemberlakuan sistem one way di jalan tol.

"Mungkin tidak tahu, akhirnya contraflow tidak dimanfaatkan dengan maksimal karena kendaraan yang menggunakan jalur contraflow lebih sedikit. Kebanyakan pengemudi memilih jalur normal atau lajur sebelah kiri," ujar Danoe kepada detikcom, Rabu (20/6).


Setiba di Jalan Tol Cikampek-Jakarta, Danoe memutuskan masuk ke jalur contraflow di Km 69. Arus lalu lintas saat itu lancar.

"Jalur contraflow ini lancar meskipun tidak bisa memacu kecepatan di atas 80 km/jam, tetapi cukup lancar," kata Danoe.

Selepas ruas Jalan Tol Cikampek, Danoe melaju ke arah Jalan Tol Bintaro. Danoe tiba di rumah sekitar pukul 21.30 WIB atau 13 jam perjalanan dari Semarang.

"Tiba di Bintaro pukul 21.30 WIB, sehingga total waktu yang saya tempuh untuk perjalanan dari Semarang ke Bintaro kurang-lebih 13 jam," ujarnya.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!
(dkp/dhn)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed