DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 09:37 WIB

Sidak Pelabuhan Muara Angke, Menhub Ingatkan Gunakan Pelampung

Dwi Andayani - detikNews
Sidak Pelabuhan Muara Angke, Menhub Ingatkan Gunakan Pelampung Foto: Menhub Budi Karya Sumadi sidak di Pelabuhan Muara Angke, Dermaga Kaliadem, Jakarta Utara. Fotografer:Dwi Andayani/detikcom
FOKUS BERITA: Arus Balik Lebaran 2016
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Muara Angke, Dermaga Kaliadem, Jakarta Utara. Dia mengingatkan penumpang kapal untuk menggunakan pelampung.

Pantauan, Rabu (20/6/2018), Budi tiba pada pukul 08.04 WIB. Kedatangan Budi langsung disambut Petugas Kesyahbandaran kantor KSOP Muara Karang/ Angke, Ichwan Darmanto, dan beberapa petugas pelabuhan.



Budi melakukan sidaknya dengan memasuki kapal Makmur Jaya dengan tujuan Kali Adem, Pulau Pari, Pulau Pramukan. Di kapal yang telah dipenuhi penumpang tersebut, Budi memita penumpang untuk menggunakan pelampung.

 Budi melakukan sidaknya dengan memasuki kapal Makmur Jaya dengan tujuan Kali Adem, Pulau Pari, Pulau Pramukan. Foto: Budi melakukan sidaknya dengan memasuki kapal Makmur Jaya dengan tujuan Kali Adem, Pulau Pari, Pulau Pramukan. Fotografer: Dwi Andayani/detikcom


Ia meminta petugas mengganti salah satu pelampung yang digunakan penumpang. Pelampung tersebut tidak layak karena tidak dapat menggembung. "Ini pelampungnya kurang (layak) coba tolong pelampungnya diganti pakai pelampung yang lain," ujar Budi.


Beberapa penumpang meminta foto bersama Budi. Selain itu, penumpang juga sempat mengucapkan selamat lebaran. "Minai Aidin Pak Menteri," ujar salah satu penumpang.

Selain memastikan penumpang menggunakan pelampung, Budi meminta petugas menunjukan dokumen kapal di antaranya Manifes atau data penumpang.

"Selalu kita kontrol dimanifes agar penumpang tidak melebihi kapasitas. Kapal Makmur Jaya penumpang saat ini 118 (penumpang), kapasitas 150 (penumpang). Jadi masih dibawah kapasitas," ujar Ichwan.
  Ia meminta petugas mengganti salah satu pelampung yang digunakan penumpang. Ia meminta petugas mengganti salah satu pelampung yang digunakan penumpang. Foto: Dwi Andayani/detikcom


"Benar kalian melakukan (pengecekan) ini setiap hari?" kata Budi.

"Siap iya, Pak," jawab Ichwan.

Selain memasuki Kapal Makmur Jaya, Budi memasuki kapal Expres Bahari dengan tujuan yang sama, yaitu Pulau Pari dan Pulau Pramuka. Ia juga meminta penumpang kapal Expres Bahari untuk menggunakan pelampung.



Tonton juga video 'Kapal Tenggelam di Danau Toba, Ini Pesan Menhub':


(aan/aan)

FOKUS BERITA: Arus Balik Lebaran 2016
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed