DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 05:29 WIB

Cerita Arus Balik Dhania Via Tol, 16 Jam dari Semarang ke Bogor

Dhani Irawan - detikNews
Cerita Arus Balik Dhania Via Tol, 16 Jam dari Semarang ke Bogor Foto: Ilustrasi macet Tol Cipali (Zaki Alfarabi/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Dhania akhirnya sampai di rumahnya di Bojong, Kemang, Bogor. Dia menempuh perjalanan selama 16 jam setelah mudik di kampung halamannya, Semarang.

Bersama suaminya, Giri, Dhania mengendarai mobil Toyota Corolla dari Semarang pukul 08.00 WIB, Selasa (19/6/2018). Dia memilih melewati jalur tol sejak awal dengan harapan bebas dari macet arus balik.

Pukul 13.50 WIB, dia tiba di Cirebon, Jawa Barat, dan memilih untuk beristirahat sejenak. Namun setibanya di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pukul 16.38 WIB, Dhania terjebak macet, tepatnya di Subang, Jawa Barat. Saat itu sistem satu arah atau one way ke arah Jakarta sudah diberlakukan.

"Di Subang, macet, padahal sudah di-contraflow jalur sebaliknya sudah diambil semua (untuk one way)," kata Dhania saat dihubungi pukul 16.40 WIB, Selasa (19/6) kemarin.


Pada akhirnya di Km 133 Tol Cipali pada pukul 17.35 WIB, Dhania memilih beristirahat serta salat. Setelahnya macet masih dirasakannya di Km 69 Tol Jakarta-Cikampek pukul 18.59 WIB.

Rehat kembali menjadi pilihan Dhania di Km 57. Setelah menimbang arus kendaraan, Dhania memilih lajur contraflow yang menurutnya lebih lancar.

"Ambil jalan contraflow jadinya lancar. Pukul 23.23 WIB sampai di Cibubur," kata Dhania.

Arus yang lebih lancar mengantarkannya sampai di Kemang, Bogor pukul 23.59 WIB. Kurang lebih total perjalanan Dhania dari Semarang ke Bogor yaitu 16 jam termasuk beberapa kali berhenti untuk beristirahat.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!



Tonton juga video: 'Jalur Nagreg Arah Bandung Macet Parah'

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/haf)

FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed