DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 01:56 WIB

Lancarnya Arus Balik Febri Berkat One Way ke Arah Jakarta

Audrey Santoso - detikNews
Lancarnya Arus Balik Febri Berkat One Way ke Arah Jakarta Ilustrasi jalan tol (Wisma Putra/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Penerapan sistem one way untuk mengurai kepadatan kendaraan di ruas tol menuju Jakarta dirasakan manfaatnya oleh Febri. Warga Bogor, Jawa Barat ini mudik ke Kuningan, Jawa Barat pada akhir pekan lalu dan kembali ke Bogor pada Selasa (18/6) kemarin lewat tol.

Febri menceritakan pengalaman arus balik dari Kuningan yang menurut dia lancar. Namun, menurutnya ada sejumlah titik yang terdapat ketersendatan arus lalu lintas.

"Perjalanan pulang ke Bogor, 18 Juni 2018, dengan dua kendaraan saya konvoi bersama kakak saya. Saya putuskan berangkat pukul 23.00 WIB. Berbekal update arus balik pukul 23.15 WIB, didapat informasi dari Kota Kuningan ke pintu masuk Tol Ciperna berwarna hijau alias lancar jaya, hanya saat masuk Tol Ciperna ke arah Tol sekitar Kertajati sudah keliatan merah merona, tanda macet parah merayap sedang berlangsung saat itu," cerita Febri kepada detikcom, Rabu (19/6/2018).


Febri dan rombongan kemudian menuju Gerbang Tol Cikedung, Indramayu untuk memulai perjalanan balik mudiknya. Setibanya di Tol Cikedung pukul 01.30 WIB (19/6), Febri beserta keluarganya sempat mengikuti alur kemacetan yang diperkirakannya sepanjang puluhan kilometer.

"Karena rasa kantuk menyerang, saya putuskan istirahat sebentar sekitar 10 menit di pintu rest area yang ditutup karena sudah dipenuhi kendaraan. Sedangkan kendaraan kakak ipar saya melanjutkan perjalanan. Setelah dirasa cukup istirahat selama 10 menit, saya melanjutkan lagi perjalanan," ujar dia.

"Sekitar 2 km dari lokasi istirahat, ada peluang mengambil jalur one way dan akhirnya kendaraan saya bisa melaju dengan lancar jaya hingga keluar Tol Cawang sekitar pukul 05.00 WIB dan masuk ke Tol Jagorawi," kata Febri.

Sampai pada Tol Jagorawi, Febri sengaja menunggu mobil kakaknya. Febri mendapat kabar kendaraan kakaknya masih terjebak di tengah kemacetan lajur normal.

"Sedangkan kendaraan kakak ipar terjebak di antrean lajur normal. Saya informasikan agar kakak ipar saya ambil lajur kanan agar bisa ambil lajur one way," kata Febri.


Memasuki Tol Jagowari, tepatnya di SBPU Jambore Cibubur, Febri mengaku sempat beristirahat dulu.

"Saya pun istirahat tidur pulas hingga pukul 06.45 wib. Hingga terbangun kembali saat mendapat kabar bahwa kendaraan kakak ipar saya sudah masuk Tol Jagorawi, maka saya pun melanjutkan perjalanan dan tiba di Kota Bogor sekitar pukul 07.30 WIB," pungkasnya.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!
(aud/haf)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed