DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 11:21 WIB

Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Dibawa ke 2 RS

Jabbar Ramdhani - detikNews
Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Dibawa ke 2 RS Petugas mencari korban KM Sinar Bangun yang tenggalam di Danau Toba. (Foto: Dok. LAZUARDY FAHMI/AFP)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Petugas gabungan masih melanjutkan pencarian korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun, yang tenggelam di Danau Toba. Belum ada korban yang bisa ditemukan lagi sejak pencarian pagi tadi.

"Sampai hari ini belum (ada yang ditemukan lagi). Jadi masih tadi malam saja, ketemu 19 (orang). Satu meninggal dunia, 18 selamat," kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut, Sri Hardianto, saat dihubungi, Selasa (19/6/2018).


Dia mengatakan, saat pencarian pagi tadi, angin di Danau Toba masih berembus kencang dan turun gerimis. Hanya, ombak sudah tak lebih besar dari kondisi pada Senin (18/6) malam.

Saat ini petugas tengah fokus berkoordinasi untuk mencari metode pencarian korban. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan lokasi kecelakaan serta arah arus dan angin.

"Teman-teman sekarang sedang bertemu di Tigaras untuk koordinasi metode pencarian korban," ujar Sri.


Saat ini kapal yang dilibatkan untuk pencarian korban terdiri atas KMP Sumut 1, 1 speedboat dan 2 perahu karet dari Basarnas, serta 2 speedboat dari Ditpolair Polda Sumut.

Informasi awal, kecelakaan terjadi sekitar 1 mil (1,6 km) dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir. Kapal itu mengalami kecelakaan pada Senin (18/6) kemarin sekitar pukul 17.30 WIB saat menuju Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun.


Kapal tersebut tak memiliki manifes. Diduga sedikitnya ada 70 penumpang yang menaiki kapal tersebut. Saat ini sudah ada 19 penumpang yang ditemukan, di mana salah satunya meninggal dunia. Korban yang selamat dibawa ke 2 RS.

"Yang 4 selamat di RS Siantar. Yang 14 di RS Samosir," ujar Sri.
(jbr/imk)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed