DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 10:59 WIB

Contraflow akan Diberlakukan di Rest Area Padat Pemudik Arus Balik

Gusti Ramadhan - detikNews
Contraflow akan Diberlakukan di Rest Area Padat Pemudik Arus Balik Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa (Gusti Ramadhan/detikcom)
Purwakarta - Polri berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem lawan arus (contraflow) di sejumlah rest area yang dipenuhi pemudik arus balik.

"Jadi hari ini langkah-langkah yang akan kami lakukan apabila terjadi bottleneck di rest area atau bahu jalan tempat berhenti pemakai jalan, bisa dilakukan contraflow," ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa kepada wartawan di Prime Plaza Hotel, Purwakarta, Selasa (19/6/2018).

Rest area di Jalan Tol Cipali yang padat di antaranya di Km 282, 230, dan 208. Kemudian rest area Km 166, 130, dan 102.



Namun, bila arus kendaraan sangat padat, akan diberlakukan sistem one way. One way ini sempat diberlakukan pada Senin (18/6) malam di Jalan Tol Cikampek arah Jakarta.

"Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan one way lagi," ujarnya.

Menurut Royke, peningkatan arus balik sudah terjadi pada Senin (18/6) malam. Berdasarkan data Jasa Marga, tercatat ada 116 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta.

"Puncak (arus balik) itu tanggal 20 Juni prediksi. Prediksinya 110 ribu sekian. Tidak menutup kemungkinan besok juga ada lonjakan dan juga ada lonjakan di tanggal 24 Juni hari Minggu karena akhir libur sekolah," sambungnya.



Sementara itu, pada siang ini, arus balik terpantau terjadi dari arah Jawa Tengah masuk ke Jawa Barat menuju Jakarta. Peningkatan diprediksi terjadi pada malam nanti.

"Kali Kenteng (Kabupaten Semarang) ada antrean kurang-lebih 3 km. Kali Kuto (Batang) juga sudah mengekor 1 km lebih sedikit, baik di jembatannya maupun di arteri," sebut Royke.


Arus Balik Mulai Meningkat, Contraflow hingga One Way Siap Dilakukan, cek video selengkapnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed