DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 21:50 WIB

Menhub Usulkan Tol Cipali Contraflow Permanen Selama Arus Balik

Zunita Amalia Putri - detikNews
Menhub Usulkan Tol Cipali Contraflow Permanen Selama Arus Balik Budi Karya Sumadi (Foto: Eva Safitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Purwakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan kombinasi strategi contraflow dan sistem satu arah atau one way di Tol Cipali. Ini dilakukan untuk mengntisipasi puncak arus balik.

"Tol Cipali di mana ini semacam bottleneck karena dari Cirebon dan lain-lain ke sana semua. Tapi kelihatanya hari ini baik, kombinasi antara contraflow plus one way baik," ujar Budi kepada wartawan di Posko Cikopo, Jawa Barat, Senin (18/6/2018).


Budi juga mengusulkan agar selama arus balik lebaran untuk terus diberlakukan contraflow serta sesekali diberlakukan one way jika sudah terlalu padat. Ia menilai cara ini efektif mengurangi kemacetan di Cipali.

"Saya usulkan Cipali contraflow permanen dan sekali-sekali ada one way. Begitu ada one way kepadatan dapat dikurangi, kalau dari diskiusi saya dengan Pak Kapolri dan Pak Kapolda tadi kita akan lakukan contraflow permanen tapi one way itu sesuai situasi," jelas dia.

Kemudian, ia juga mengatakan one way ini juga dapat menuntaskan masalah kurangnya rest area. Dengan adanya one way ia menilai tidak akan terjadi kekurangan rest area.


"Hal lain perlu diketahui, yaitu rest area. Sebenarnya diberlakukan one way masalah rest area hilang, karena jadi empat di kanan dan di kiri. Oleh karenanya tadi saya konsultasi dengan Kapolri dan para Kapolda ini sudah dimatangkan skenario untuk antisipasi," imbuh dia.

Selain itu untuk pemudik yang melalui jalur udara di Bandara Soekarno-Hatta, Budi mengatakan kemungkinan akan dilakukan diskresi oleh kepolisan jika terjadi kepadatan jumlah pemudik yang kembali.

"Kemungkinan akan dilakukan diskresi apabila ada jalur dari Soetta, karena Soetta itu besok ada jumlah pemilir yang banyak," tutur dia.



Ini video Palimanan Arah Cawang Satu Arah Pukul 3 Sore
(haf/haf)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed