DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 13:30 WIB

NasDem akan Awasi Komjen Iriawan yang Kini Jadi Pj Gubernur

Danu Damarjati - detikNews
NasDem akan Awasi Komjen Iriawan yang Kini Jadi Pj Gubernur Politisi Partai NasDem Taufiqulhadi (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Komjen Pol Iriawan telah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Partai NasDem bertekad akan mengawasi setiap langkah Iriawan.

"Kalau sudah dilantik, maka kita akan mengawasi bersama-sama," kata anggota Komisi III DPR Fraksi Partai NasDem, Taufiqulhadi, kepada detikcom, Senin (18/6/2018).
Menurut Taufiq, Kementerian Dalam Negeri seharusnya tidak menjadikan perwira tinggi, seperti Iriawan, sebagai Pj gubernur. Apalagi saat ini adalah tahun politik di Jawa Barat.

"Sekarang konteksnya adalah pilkada," kata dia.
Dia khawatir kebiasaan polisi bergerak dalam garis komando kemudian menjadikan Iriawan kesulitan bersikap independen. Padahal gubernur dituntut bersikap independen dalam segala situasi.

"Bagaimanapun, Pak Iriawan adalah jenderal polisi. Kalau ingin membuat sistem politik kita sebagai sistem tanpa intervensi, maka itu (pelantikan jenderal polisi menjadi Pj gubernur), itu tidak tepat," kata dia.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka. Pelantikan M Iriawan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj gubernur.

Proses pelantikan sendiri dimulai sekitar pukul 10.15 WIB. Prosesi pelantikan dipimpin secara langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Dalam pelantikan ini, M Iriawan terlihat gagah menggunakan pakaian dinas upacara (PDU).


Pelantikan Iriawan Jadi PJ Berlangsung Meriah, cek videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed