DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 13:26 WIB

Hindari Macet, Pemudik di Karanganyar Diimbau Lewat Jalur Arteri

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Hindari Macet, Pemudik di Karanganyar Diimbau Lewat Jalur Arteri Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahyu Utomo (Marlinda Octavia Erwanti/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Kepadatan kendaraan untuk arus balik dikabarkan terjadi di Jalan Tol Karanganyar, Jawa Tengah. Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahyu Utomo kembali mengingatkan soal kelaikan jalur arteri.

Dia meminta pemudik tak ragu melintasi jalan arteri. Sebab, pengguna jalan juga akan disuguhi pemandangan alam yang cukup bagus.


"Sebetulnya pemerintah selalu menyarankan agar tidak (hanya) menggunakan jalan tol. Jalan arteri cukup bagus, pemandangan cukup bagus," kata Wahyu saat ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018).

Dia mengatakan Polri akan siap merekayasa lalu lintas jika kemacetan sudah terjadi. Wahyu mengatakan kepadatan biasanya akan terurai setelah 30 menit sampai 1 jam rekayasa lalu lintas dilakukan Polri.


Wahyu mengatakan kepadatan kendaraan biasanya hanya terjadi sepanjang 5-10 km. Namun, dengan skenario yang dimiliki Polri, kepadatan ini dapat segera terurai.

"Ada sekitar 5-10 (km)-lah tapi cepat terurailah, nggak terlalu lamalah. Coba Anda lihat di CCTV ini, terutama jalur-jalur nasional yang di tol," ucap Wahyu.


Wahyu mengatakan belum terlihat lonjakan jumlah kendaraan dalam kondisi arus balik saat ini. Dia memperkirakan arus balik mulai terjadi pada 19-22 Juni besok.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!


Lihat 'Penampakan Kemacetan Parah Menuju Anyer' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/imk)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed