DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 13:04 WIB

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni 19-20 Juni

Marlinda Oktavian - detikNews
Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni 19-20 Juni Ilustrasi Pelabuhan Bakauheni (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Kemenhub memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni dan Merak terjadi pada besok dan lusa. Pemudik arus balik ke Jakarta diimbau menghindari tanggal tersebut.

"Ya diperkirakan tadi ya 19-20 Juni itu mereka pada pulang, itu kira-kira," ucap Irjen Kemenhub, Wahyu Utomo, di Posko Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (18/6/2018).



Untuk hari ini, Wahyu belum melihat adanya lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan di dua pelabuhan penghubung Jawa-Sumatera. Dia mengatakan lonjakan paling besar terjadi besok.

"Tadi saya pantau Merak ya. Merak, Bakauheni, itu balik itu belum kelihatan. Belum kelihatan ada peningkatan sampai hari ini," ungkapnya.



Wahyu menambahkan pihaknya sudah menyiapkan skenario di sejumlah titik mudik jika terjadi kemacetan parah. Bagi pemudik, Wahyu meminta tidak pulang di tanggal puncak arus balik.

"Makanya imbauan-imbauan dari Pak Kapolri segala ya kalau bisa pulangnya menghindari tanggal itulah. Tanggal 19-20 itu, supaya nanti terurai," ucapnya.

Bagaimana pengalaman arus balik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!

Cek juga video 'Arus Balik Mulai Ramaikan Terminal Kp. Rambutan' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]



(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed