DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 11:14 WIB

Fadli Zon Kritik Pengangkatan Komjen Iriawan Jadi Pj Gubernur

Indah Mutiara Kami - detikNews
Fadli Zon Kritik Pengangkatan Komjen Iriawan Jadi Pj Gubernur Fadli Zon (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pengangkatan Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar menuai pro dan kontra. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menganggap pemerintah menipu rakyat karena wacana Iriawan jadi Pj Gubernur sempat dikaji ulang.

"Dulu dinyatakan batal oleh Menko Polhukam, sekarang mau dilantik. Ini jelas kebohongan publik. Pemerintah menipu rakyat. Pilkada Jabar ternoda," kata Fadli Zon lewat Twitter, Senin (18/6/2018).



Wacana Iriawan (saat itu berpangkat Irjen dan menjabat Asisten Kapolri Bidang Operasi) menjadi Pj Gubernur Jabar menjadi kontroversi pada Januari-Februari 2018. Menko Polhukam Wiranto lalu mengatakan usulan itu dikaji ulang.

"Pelantikan Komjen M Iriawan menjadi Pj Gubernur Jawa Barat hari ini membuktikan semua pernyataan pemerintah tadi ternyata tak bisa dipercayai. Pemerintah bisa dianggap telah melakukan kebohongan publik, bahkan penipuan terhadap rakyat," ungkap Fadli.

M Iriawan / Foto: Irjen M Iriawan


Setelah polemik wacana itu mereda, Iriawan dimutasi ke Lemhannas sebagai Sestama dan pangkatnya naik jadi komjen. Fadli menduga mutasi Iriawan hanya untuk memuluskan jalan menuju kursi Pj Gubernur Jabar.

"Tetap ditunjuknya nama yang bersangkutan tentu memunculkan pertanyaan. Kenapa pemerintah begitu ngotot menjadikannya sebagai Pj Gubernur Jabar, sehingga sampai tak segan menjilat ludah sendiri? Apa motifnya? Dulu alasannya rawan, tapi sejauh ini Pilkada Jabar aman-aman saja," kata Waketum Gerindra ini.



Fadli mencatat ada tiga persoalan dalam pengangkatan Iriawan sebagai Pj Gubernur. Yang pertama, dia menyebut pengangkatan ini menjatuhkan kredibilitas pemerintah, lalu membuat independensi Polri kian dipertanyakan sehingga memancing spekulasi di tengah masyarakat.

"Masyarakat bisa menilai sendiri, siapa sebenarnya yang gemar berbohong? Ke depan, sulit bagi publik untuk gampang mempercayai pernyataan pemerintah. Apa yang dikatakan lain dengan yang dilakukan," ujar Fadli.


Pelantikan Iriawan Jadi PJ Berlangsung Meriah, cek videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed