DetikNews
Minggu 17 Juni 2018, 22:12 WIB

PDIP soal Komjen Iriawan Pj Gubernur: Kami Tidak Ikut Campur

Haris Fadhil - detikNews
PDIP soal Komjen Iriawan Pj Gubernur: Kami Tidak Ikut Campur Hendrawan Supratikno (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PDIP menyatakan tak ikut campur soal penunjukan mantan Kapolda Metro Jaya Komjen M Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Menurut PDIP penunjukan Iriawan tak ada kaitannya dengan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mereka dukung di pilkada Jabar.

"Pada dasarnya, dan ini prinsip, kami tak pernah ikut campur dalam proses-proses penunjukan Pj di manapun. Calon nomor satu kami seorang purnawirawan militer, bintang dua dan pernah sebagai pimpinan Komisi I DPR yang bermitra dengan TNI. Mustinya prioritas kami, kalau yang dipakai kacamata persekongkolan, adalah purnawirawan TNI, bukan?" kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada detikcom, Minggu (17/6/2018).


Hendrawan mengatakan tak perlu mengembangkan penunjukan Iriawan itu dengan dugaan yang tidak-tidak. Ia menyatakan percaya dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan mengutamakan aspek integritas dan netralitas.

"Kita tidak perlu mengembangkan dugaan yang tidak-tidak. Saya percaya Pak Mendagri dan timnya tetap mengutamakan aspek integritas, kompetensi dan netralitas," ucapnya.


Sebelumnya, kabar pelantikan Iriawan dibenarkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. Iriawan, yang saat ini menjabat Sestama Lemhanas, akan dilantik sebagai Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat pada Senin (18/6/2018) besok.

"Iya, besok dilantik jam 10.00 WIB di Gedung Merdeka Bandung," kata Sumarsono saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (17/6).

Sumarsono menjamin tak akan ada konflik kepentingan yang akan muncul gara-gara Pj Gubernur Jawa Barat nanti adalah seorang polisi. "Nggak ada konflik kepentingan," kata Sumarsono.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed