DetikNews
Minggu 17 Juni 2018, 13:28 WIB

PKB: Kita Bangun Poros Indonesia, Bukan Poros Mekah vs Beijing

Danu Damarjati - detikNews
PKB: Kita Bangun Poros Indonesia, Bukan Poros Mekah vs Beijing Wasekjen PKB Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Jakarta - PKB menilai poros Mekah dan poros Beijing sebagai dua haluan yang tidak tepat. Yang lebih tepat, semua pihak perlu membangun poros Indonesia.

"Itu sangat tidak tepat, karena Mekah dan Beijing bukan Indonesia. Kita harus membangun poros Indonesia," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan kepada detikcom, Minggu (17/6/2018).
Istilah poros Mekah melawan poros Beijing dimunculkan oleh Sekjen Sekretariat Bersama Indonesia Muhamad Idrus yang telah menemui Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab di Mekah, Arab Saudi.

Daniel menilai kategorisasi dua poros itu bisa memecah belah. Lagipula, kategorisasi itu juga tidak pas dengan keadaan. Bahkan bila dicocokkan dengan konteks tahun politik jelang Pilpres, yang ada bukanlah poros Mekah dan Beijing.
"Yang benar saat ini adalah porosnya Jokowi dan porosnya Prabowo, keduanya adalah anak bangsa. Kita lihat nanti siapa lagi yang akan muncul selain Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019," kata Daniel.

Sekjen Sekretariat Bersama Indonesia Muhamad Idrus mengatakan telah membahas isu Poros Mekah versus Poros Beijing dengan Rizieq di Mekah, pada Sabtu (16/6). Sekber Indonesia akan berkoordinasi dengan ulama di bawah komando Persaudaraan Alumni 212 demi terwujudnya 2 poros dalam Pilpres 2019 nanti, yakni poros Mekah melawan poros Beijing.

(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed