Wantimpres Yahya-PM Israel Bertemu, Ini Kata Bamsoet

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 15 Jun 2018 15:33 WIB
Bambang Soesatyo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pertemuan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Yahya Cholil Staquf dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuai kritik. Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan elite politik seharusnya berupaya menciptakan situasi kondusif.

"Bagi saya pribadi, seharusnya kita elite politik berupaya masing-masing menciptakan situasi yang kondusif," kata Bambang di kediamannya, Jl Widya Chandra III Nomor 10, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Bambang yang akrab disapa Bamsoet ini mengaku sudah membahas pertemuan Yahya dan Netanyahu dengan sejumlah orang. Menurut Bamsoet, ada yang mendukung, ada juga yang menyayangkan pertemuan tersebut.

"Tentu kita berbincang-bincang juga dengan beberapa kawan. Ada sebagian yang mendukung langkah itu, tapi ada juga yang menyayangkan langkah itu terjadi karena menimbulkan kontroversi dan membuat kegaduhan-kegaduhan politik," ujar Bamsoet.

Menurut dia, situasi politik tak boleh gaduh mengingat, dalam waktu dekat, Indonesia akan mengadakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dan pemilihan presiden (pilpres) 2019.

"Karena kita bentar lagi akan pilkada serentak dan persiapan pilpres. Seharusnya kita punya kesadaran yang sama untuk ciptakan situasi yang kondusif," ujar Bamsoet. (aud/fdn)