DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 19:35 WIB

Demi Persatuan, DPR Dorong Pembuatan Kalender Hijriyah Bersama

Zunita Amalia Putri - detikNews
Demi Persatuan, DPR Dorong Pembuatan Kalender Hijriyah Bersama Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Tanggal 1 Syawal 1439 H besok adalah kali ketiga secara berturut-turut Pemerintah dan ormas-ormas Islam besar di Indonesia merayakan Idul Fitri di hari yang sama. DPR mendorong agar kalender Hijriyah segera dibikin supaya seterusnya Idul Fitri dan hari raya lainnya terus bisa dirayakan bersama.

"Kita mendorong agar momentum ini dijadikan untuk mengkaji apakah pada waktunya kita bisa membuat kalender Hijriyah bersama," kata Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher, di jumpa pers hasil sidang isbat, Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/6/2018).


Ali Taher menyampaikan harapan DPR, yakni momentum Idul Fitri kali ini benar-benar dijadikan momentum kebersamaan dan persatuan di Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) patut diapresiasi karena berhasil menggelar sidang isbat dengan sukses.

"Bagi DPR, kemampuan Kementerian Agama bisa menyatukan satuan waktu ini patut kita syukuri bersama-sama," kata Ali.


Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan 1 Syawal 1439 Hijriyah jatuh pada 15 Juni besok. Maka besok umat Islam di Indonesia bakal menunaikan salat Idul Fitri.

"Sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018," kata Lukman.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed