DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 18:10 WIB

Polda Metro Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polda Metro Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri (Samsudhuha W/detikcom)
Jakarta - Dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz, para personel polisi menggelar apel pasukan pengamanan malam takbiran sekaligus salat Idul Fitri. Ada sekitar 1.396 personel yang mengikuti apel itu dan ada sekitar 5.000 personel yang akan mengamankan malam takbiran dan salat Idul Fitri.

"Sebentar lagi kita akan melaksanakan pengamanan malam takbiran. Kita semua yang ada di lapangan ini harus bangga ketika seluruh kita ada yang mudik merayakan Idul Fitri di kampungnya tetapi karena panggilan tugas kita semua menjaga, mengawal operasi ketupat pengamanan mudik bisa berjalan tertib lancar dan aman," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz di halaman Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/6/2018).


Dalam arahannya, Idham berharap agar para personil yang bertugas dapat menjaga dan mengawal malam takbiran nanti agar berjalan tertib. Dia mengatakan semua personil harus mengawal masyarakat yang ingin bertakbiran baik di masjid-masjid maupun yang konvoi di jalan-jalan.

Polda Metro Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul FitriApel Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Fitri (Samsudhuha W/detikcom)

"Saya berharap mari kita sama-sama menjaga, mengawal malam takbir nanti baik yang dilakukan masyarakat sekitar jakarta di masjid masing masing atau mungkin saja ada yang melaksanalan konvoi. Kewajiban kita mengamankan dan kita berdoa seluruh rangkaian berjalan aman," kata Idham.


Idham mengatakan, baik personi kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP, Pemadam Kembakaran dan stekholder terkait akan bergabung mengamankan jalannya malam takbiran. Esok harinya, personil itu juga akan mengamankan jalannya salat idul fitri.

"Setelah itu, semua personel yang jumlahnya kurang lebih 5.000 besok paginya kita sebar ke masjid-masjid, seperti di lapangan Blok A, lapangan Mabes, ini semua bermaksud agar masyarakat Jakarta aman, nyaman dan tidak ada gangguan apapun dalam merayakan Idul Fitri," imbuhnya.


Untuk malam takbiran sendiri, Idham yakin tidak ada masyarakat yang konvoi dan membawa senjata tajam. Jika ada, dikatakannya pihak kepolisian akan bertindak tegas.

"Saya kira nggak perlu kita lakukan razia, malam ini kan bukan SOTR, mereka takbir. Kita imbau lakukan takbir dengan santun, dengan baik mengumandangkan asma Allah masa bawa sajam, tapi kalau bawa sajam kita tindak," kata Idham.


Video Kapolri Imbau Masyarakat Tak Konvoi di Malam Takbiran
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed