DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 17:23 WIB

Kapolri Usul Biaya Tol di Kertasari Tegal Gratis Jika Antre 3 Km

Audrey Santoso - detikNews
Kapolri Usul Biaya Tol di Kertasari Tegal Gratis Jika Antre 3 Km Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut Gerbang Tol Kertasari, Tegal, sebagai salah satu penyebab melambatnya arus lalu lintas. Bentuk dan jumlah gerbangnya dinilai Tito membuat waktu pembayaran tol menjadi lama.

"Problem berikutnya adalah Gerbang Tol Kertasari Tegal, gerbang pembayaran terakhir. Ini beda dengan Cikarut yang bentuknya seperti botol melebar. Ini agak lurus, kurang ini pintu tolnya," kata Tito di Pos Pengamanan Terpadu Cikopo, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018).

Tito pun sempat menganalisis arus di gerbang tol tersebut. Dia memberi masukan, jika antrean menjelang gerbang tol tersebut mencapai 3 km, sebaiknya kendaraan yang ada di depan digratiskan agar arus jadi lancar.

"Arusnya cukup banyak sehingga waktu saya tinjau kebijakan Bapak Menteri PUPR, saya minta tolong kalau antrean untuk membayar sampai lebih 3 kilometer, yang depan lewatkan (diberi gratis) sampai ketemu 3 kilometer lagi setelah gerbang tol," sambung Tito.

Menurut dia, kepentingan publik harus didahulukan dibanding masalah untung-rugi pengelola jalan tol.

"Nggak seberapa itu (kerugian gratis tol) dengan kepentingan publik. Masyarakat gembira, bukan malah sedih di jalan. Soal profit, apalah artinya 3 sampai 4 hari. Demi publik dibandingkan nyari profit, itu bisa dicari 350 hari," tandas Tito.

(aud/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed