DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 16:08 WIB

Cek Kesiapan Jelang Sertifikasi, Sandiaga Tinjau Proyek LRT

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Cek Kesiapan Jelang Sertifikasi, Sandiaga Tinjau Proyek LRT Foto: Marlinda - detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau proyek Light Rapid Transit (LRT). Tinjauan ini untuk mengecek kepastian kesiapan LRT jelang sertifikasi Kemenhub.

"Saya hadir di sini untuk mengecek kesiapan kepastian LRT jelang sertifikasi Kemenhub yang rencananya akan digelar 1 Minggu setelah lebaran," kata Sandi di Stasiun LRT Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6/2018).

Pantauan detikcom, Sandiaga tiba di lokasi ditemani Kepala Dinas Perhubungan Andriyansah dan Direktur LRT Satya Heragani. Begitu tiba, Sandiaga langsung diminta untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan standar keamanan proyek.

Sandiaga kemudian menuju ke stasiun, dimana gerbong ujicoba kereta LRT telah disiapkan. Sandiaga mendapatkan kesempatan untuk menjajal gerbong LRT ujicoba.

Sebelum menaiki gerbong, Sandi bertanya ke salah satu petugas LRT mengenai jarak dan ketinggian pembatas kereta. Pertanyaan itu dilontarkan Sandi saat mendapat pengarahan dari petugas sebelum menaiki LRT.

"Bagaimana ini ketinggian keretanya?" tanya Sandi kepada petugas di lokasi, Kamis (14/6/2018).

"Aman Pak, jaraknya rendah, anak kecil bisa naik Pak," jawab petugas itu.

Setelah memastikan jarak ketinggian aman, Sandiaga langsung menaiki LRT dan melihat setiap fasilitas yang ada. Sandi tampak menikmati perjalanan singkatnya selama mencoba kereta cepat pertama di Indonesia.

Dalam perjalanan, seorang petugas menanyakan perasaan Sandiaga saat menaiki kereta tersebut.

"Bagaimana pak kondisi keretanya?," tanya petugas.

"I feel like in Europe," jawab Sandiaga.

Fasilitas LRT dalam gerbong ujicoba ini terlihat lengkap dan menjamin keamanan penumpang. LRT dilengkapi dengan fasilitas interkom seperti fasilitas dalam lift. Hal itu guna memberikan bantuan kepada penumpang saat dalam kondisi darurat.

Selain itu, LRT juga dilengkapi tombol pintu darurat. LRT juga memiliki CCTV di setiap gerbong, kursi prioritas, dan area disabilitas untuk menampung kursi roda.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed