DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 14:46 WIB

Menhub Akan Gunakan Rest Area Sebagai Kampanye Kuliner Lokal

Zunita Amalia Putri - detikNews
Menhub Akan Gunakan Rest Area Sebagai Kampanye Kuliner Lokal Foto: Sudirman Wamad
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bekerjasama dengan BUMN akan mengkampanyekan kuliner khas tradisional di beberapa rest area jalan tol. Tujuannya untuk mempromosikan jajajan khas daerah masing-masing kota agar ciri khas daerah tersebut tidak hilang seketika.

Ia menyebut ada 24 rest area dan parkir yang akan dijadikan tempat ajang kampanye kuliner khas daerah tersebut. Lokasinya tersebar dari Jakarta hingga Semarang.

"Sebanyak 12 yang dari Semarang ke Cikampek, 12 Cikampek sampai ke yang Jakarta. Apa yang kita tampilkan di jalur-jalur fungsional itu sifatnya kita akan mempromote kota-kota sepanjang itu sebagai rest area, tempat jual beli oleh-oleh dan makan," ujar Budi kepada wartawan di kantor Korlantas, Jl MT Haryono, Cikoko, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2018).

Kuliner yang nantinya akan dijual di rest area tersebut adalah beberapa makanan khas daerah masing-masing seperti Brebes dengan telur asinnya, Semarang dengan Lumpia, dan juga selain makanan ada Pekalongan yang khas dengan batiknya.

"Kami akan buat kampanye kuliner yang saat ini di mana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya seperti Brebes dengan ndok asin, dan Pekalongan dengan batiknya. Ini menjadi suatu bagian yang menyeimbangkan ritual akbar," ucapnya.

Selain akan menempatkan wisata kuliner, Budi juga mengatakan agar semua rest area jalan tol untuk memperhatikan fasilitas rest area seperti toilet, tempat ibadah dan lainnya. Untuk pedagang kaki lima (PKL) di sekitar rest area juga nantinya akan diberdayakan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

"Hal lain yang kita mintakan kepada operator agar, meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area artinya kalau memiliki toilet bisa lebih banyak, bersih dan dijaga dengan baik. Kita juga menyarankan agar semua PKL yang tersebar di mana-mana dikumpulkan. Nantinya, kita akan menghubungi bupati dan wali kota untuk kampanye dalam kesempatan ini untuk proaktif dengan kegiatan ini," tutur dia.
(jor/jor)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed