DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 13:06 WIB

Gempa Sumenep Rusak 77 Rumah dan 1 Madrasah

Danu Damarjati - detikNews
Gempa Sumenep Rusak 77 Rumah dan 1 Madrasah Rumah rusak akibat gempa di Sumenep. (Dok BNPB)
Sumenep - Gempa yang mengguncang Sumenep, Pulau Madura, pada Rabu (13/6) kemarin telah menimbulkan kerusakan bangunan. Gempa 4,8 Skala Richter itu telah membuat 77 rumah rusak.

"25 unir rumah rusak berat, 52 unit rumah rusak ringan, 2 unit masjid rusak berat, 1 unit masjid rusak ringan, 1 unit madrasah rusak berat, dan 1 unit ponpes rusak ringan," kata Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/6/2018).


Kerugian diperkirakan sebesar ratusan juta Rupiah. Enam orang luka ringan akibat gempa yang menggunccang pukul 20.06 WIB tadi malam. Gempa tersebut mengguncang Sumenep saat masyarakat sedang menunaikan ibadah salat tarawih.

Gempa Sumenep Rusak 77 Rumah dan 1 MadrasahFoto: Rumah rusak akibat gempa di Sumenep. (Dok BNPB)

"Gempa dirasakan kuat selama 5 detik. Masyarakat berhamburan panik ke luar rumah dan bangunan. Pada saat bersamaan juga sedang berlangsung salat tarawih. Guncangan gempa dirasakan naik turun disertai dengan bangunan yang rusak," kata dia.


Gempa ini disebut Sutopo membikin kaget warga di suasana jelang Hari Raya Idul Fitri. "Menjelang lebaran, masyarakat Sumenep dikejutkan gempa 4,8 SR," kata dia.

Gempa Sumenep Rusak 77 Rumah dan 1 MadrasahFoto: Rumah rusak akibat gempa di Sumenep. (Dok BNPB)

(dnu/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed