DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 08:42 WIB

Lebaran Lebih Awal, Jemaah Latiful Akbar di Bone Salat Id Hari Ini

Zulkipli Natsir - detikNews
Lebaran Lebih Awal, Jemaah Latiful Akbar di Bone Salat Id Hari Ini Jemaah Latiful Akbar di Bone (Zulkipli Natsir/detikcom)
Bone - Tak hanya jemaah An Nadzir, jemaah Latiful Akbar di Sulawesi Selatan juga menggelar salat id hari ini. Penentuan 1 Syawal jemaah Latiful Akbar disebutkan mengacu pada pertanda alam.

Salat id dilaksanakan di Ponpes Mesjid Yayasan, Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (14/6/2018). Salat id tampak berjalan khidmat.


Jemaah yang hadir mengenakan pakaian khas berupa jubah terusan dengan serban yang melilit kepala. Tua-muda/pria-wanita berbaur mendirikan salat id berjemaah.

Imam salat adalah Ustaz Afrizal. Selanjutnya, seusai salat dilanjutkan dengan khotbah.

Ketua Yayasan Latiful Akbar Bone Hadrawi Dg Parani menjelaskan fenomena alam yang digunakan untuk penentuan 1 Syawal adalah penanda air pasang pagi, hujan, dan angin yang menandakan pergantian bulan.


Keyakinan jemaah Latiful Akbar akan 1 Syawal jatuh hari ini karena adanya bulan purnama pada Selasa (29/5) lalu. Selain itu, mereka menyebut mengikuti instruksi Pimpinan Yayasan Lathiful Akbar yang terpusat di Plumpang, Alur laut, Jakarta Utara, yang juga menyelenggarakan Lebaran hari ini.

"Kami tidak menyalahkan siapa pun yang berbeda dengan kami, perbedaan itu indah. Namun ini sudah merupakan keyakinan kami, mari kita tetap merekatkan persatuan," ujar Hadrawi saat ditemui detikcom di lokasi salat id.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed