DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 07:32 WIB

Ini 5 Lokasi Takbiran yang Diperbolehkan di Jakarta

Indra Komara - detikNews
Ini 5 Lokasi Takbiran yang Diperbolehkan di Jakarta Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar takbiran akbar untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2018. Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno sudah memutuskan takbiran pemprov DKI tidak berfokus di satu titik, tapi di lima wilayah.

Sandi mengatakan, langkah itu dipilih agar kawasan Monas terbebas dari keramaian. "Monas kita fokuskan untuk wisata, olahraga. Untuk teman-teman tidak akan ada takbir di Monas," ucapnya di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (11/6).

Lima titik malam takbiran sudah ditentukan. Artinya, warga tak dianjurkan konvoi di malam takbiran selain di 5 wilayah itu. Tapi, jika masih ada warga yang ingin konvoi di luar agenda pemprov, harus atas pengawalan Dishub.

"Kami ingin mengimbau untuk konvoi itu dilakukan dengan pengamanan pelaporan dari Dinas Perhubungan diberikan informasi jalurnya ke mana saja. Sehingga kami bisa mengawal, bisa memastikan tidak ada yang celaka atau malah berujung kepada vandalisme maupun anarkisme," katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (9/6).

Kembali ke soal 5 wilayah takbiran pemprov. Lokasinya ada di tiap wilayah Ibu Kota. Untuk wilayah Jakarta Selatan akan dipusatkan di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jl Prapanca Raya. Di Jakarta Timur, kegiatan terpusat di Masjid At-Takwa, Jl Pisangan Baru Timur, Matraman.

Sementara itu, di Jakarta Barat, area CNI depan Lippo Mall Puri Indah dan Rusun Tambora. Untuk Jakarta Pusat difokuskan di sepanjang Jl KH Mas Mansyur dan Masjid Jami Al Islam. Sedangkan Jakarta Timur terpusat di Masjid Al Hidayah, Sungai Bambu, Tanjung Priok, di dekat pintu keluar Tol Plumpang.

Di malam takbiran nanti, Anies-Sandi akan berpencar. Keduanya bakal merayakan kemenangan bulan Ramadan warga Jakarta di tempat yang berbeda terlebih dulu. Masing-masing akan menyambangi 2 titik, kemudian bertemu di titik terakhir di Jakarta Barat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah mengatakan, Anies mengawali kegiatan malam Idul Fitri 2018 di kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Dari sana Anies menuju Masjid Jami Al Islam di Petamburan.

"Sandiaga berangkat dari rumah menuju Masjid Jami At Taqwa, Jakarta Timur. Selesai di sana kemudian masuk Tol Cipinang Cempedak ke Masjid Al Hidayah, Jakarta Utara. Selanjutnya masuk Tol Lingkar Luar menuju lokasi monitoring terakhir, bergabung dengan pak Gubernur di Area CNI, Jakarta Barat," papar Andri, Selasa (12/6).

Untuk pengamanan, Satpol PP akan secara maksimal memastikan gelaran takbiran Pemprov berjalan aman dan lancar. Bersama kepolisian dan Dishub DKI, Satpol PP akan menjaga jalan-jalan di Jakarta.

"Personel kita sesuaikan dengan panjangnya rute. Kan dari masing-masing nih. Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Nanti kita tetapkan, termasuk di jalan-jalan," ucap Yani di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

Yani juga mengatakan jajarannya diminta menjaga fasilitas umum selama takbiran. Dia diminta menjaga agar tidak ada pengrusakan atau vandalisme pada fasilitas umum.

"Selain dijaga personel juga memanfaatkan CCTV. Diawasi baik CCTV pemerintah maupun CCTV dikelola swasta," sebut Yani.

Pengamanan takbiran akan dimaksimalkan. Sandiaga juga mengatakan, takbiran pemprov DKI digelar agar tak banyak warga yang keliling tanpa pengawalan keamanan.
(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed