DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 17:18 WIB

Berpeci Merah, Sandi Resmikan Pusat Kebudayaan Betawi Ancol

Mochamad Zhacky - detikNews
Berpeci Merah, Sandi Resmikan Pusat Kebudayaan Betawi Ancol Sandiaga Uno (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan pusat kebudayaan Betawi di Taman Impian Jaya Ancol. Pusat kebudayaan Betawi ini menampilkan sejumlah hal seperti ondel-ondel, musik, kuliner sampai suvenir.

Peresmian pusat kebudayaan Betawi ini dilaksanakan di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/6/2018). Sandiaga meyakini pusat kebudayaan ini bisa memberikan solusi untuk masyarakat yang bingung mencari oleh-oleh khas Betawi.

"Jadi sekarang tampil sebagai oleh-oleh betawi. Kadang-kadang orang-orang kan bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Nah, salah satunya sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol khususnya di Pasar Seni," kata Sandi dalam sambutannya.


Pembangunan pusat kebudayaan Betawi bekerjasama dengan Gerakan OK OCE. Ratusan pengusaha mikro, kecil dan menengah mendapatkan akses untuk berjualan di sana.

Sandiaga bersama pengelola Ancol, dalam hal ini PT Pembangunan Jaya Ancol sudah memperhitungkan berapa jumlah pengunjung yang akan datang ke Ancol. Perhitungan mereka sekitar 1,2 juta pengunjung akan masuk ke Ancol.

"Kita sebentar lagi akan kedatangan ratusan ribu, 1,2 juta. 1,2 Juta yang akan masuk ke Ancol dalam 1-2 minggu di sekitar hari Lebaran. 1,2 Juta dari total 20 juta yang kira-kira kita prediksi akan masuk ke Ancol di tahun 2018," terang Sandiaga.


"Berarti ini pasar yang sangat menjanjikan buat para UMKM. Di sinilah penciptaan lapangan kerja, bagian dari P5, pemasaran bagi teman-teman OK OCE dan UMKM. Dan kita buat ini showcase, kesempatan mereka untuk menjual produk-produk mereka," imbuh dia.

Sekadar informasi, ada ratusan UMKM dari berbagai jenis usaha yang berjualan di pusat kebudayaan Betawi ini. Khusus cenderamata ada 42 UMKM, sedangkan kuliner sebanyak 60 UMKM.


Video saat Sandiaga Uno resmikan kampung betawi di Pasar Seni Ancol

[Gambas:Video 20detik]


(zak/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed