DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 16:27 WIB

Masa Mudik, AP II: Pergerakan Penerbangan Tertinggi di H-7 Lebaran

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Masa Mudik, AP II: Pergerakan Penerbangan Tertinggi di H-7 Lebaran Ilustrasi mudik di Bandara Soekarno-Hatta. (Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Angkasa Pura (AP) II menyebut pergerakan penerbangan di 15 bandara wilayah AP II mengalami peningkatan tertinggi di H-7 Lebaran. Hingga H-3 hari ini, pergerakan penerbangan tidak sebanyak H-7 Lebaran.

"Kalau kita lihat tahun ini, hampir rata-rata merata. Lihat saja pola pergerakan penumpang di Bandara International Soekarno-Hatta rata-rata dari H-8 sampai H-3 polanya hampir sama jadi nggak ada angka-angka perbedaan yang tinggi. Yang tertinggi itu di H-7 itu 26.000 pergerakan penumpang. Sampai tadi malam di Soetta mencapai angka 24.000 penumpang," kata Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada wartawan di Posko Terpadu, Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/6/2018).


Awaluddin menuturkan, dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat tahun ini terpantau meningkat hampir 9 persen.

"Dengan data itu, kita melihat bahwa pergerakan pesawat tumbuh kurang-lebih sekitar 4,5% dan pergerakan penumpang dalam periode yang sama dibandingkan periode libur mudik atau arus mudik tahun lalu tumbuh sekitar 9%," imbuhnya.

"Kalau arus balik, kami perkirakan terjadi sedikit bersamaan karena kalau arus balik selalu diikuti dengan arus libur yang balik. Diketahui setelah 1-2 hari setelah Lebaran diikuti arus libur karena arus libur cukup panjang dan baliknya bersamaan. Kami estimasikan di sekitar tanggal 19-20 itu sudah terjadi pergerakan tinggi di arus balik," kata Awaluddin.


Untuk posko sendiri, Awaluddin mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin mengadukan sesuatu hal, baik mengenai perbedaan harga tiket yang tidak sesuai peraturan pemerintah maupun yang lain, bisa disampaikan ke posko terpadu yang ada di Terminal I Soetta. Posko itu dijaga selama 24 jam.
(rna/rna)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed