DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 21:13 WIB

Pilgub Sumut 2018

Djarot-Sihar Janjikan Petani Bisa Gunakan Lahan Tidur

Muhammad Idris - detikNews
Djarot-Sihar Janjikan Petani Bisa Gunakan Lahan Tidur Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Medan - Sejumlah program di bidang pertanian ditawarkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) kepada masyarakat Sumatera Utara.

Menurut Sekretaris Tim Pemenangan PPP untuk pasangan Djoss, Indra Hakim Hasibuan, masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian akan difasilitasi untuk menggunakan lahan tidur yang selama ini terbengkalai, sehingga menjadi lahan produktif. Cara ini dilakukan meningkatkan kesejahteraan warga yang sebenarnya mempunyai keterampilan bercocok tanam.

"Tidak hanya difasilitasi penggunaan lahan, kepada warga juga akan disediakan bibit yang sesuai dengan lahan yang ada. Petani juga akan difasilitasi dalam memasarkan produk hasil panen, sehingga mereka bisa mendapatkan harga yang sesuai," kata Indra dalam keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).


Fasilitas bibit dan pemasaran ini tidak hanya akan dinikmati warga yang menikmati lahan tidur, tapi juga oleh para petani di Sumut.

Penggunaan lahan tidur ini sangat memungkinkan karena lahan ini milik negara. Tergantung kemauan politik pemerintah. Penggunaan lahan ini, menurut Indra, juga akan meningkatkan produksi hasil pertanian di Sumut.

Diungkapkannya, masyarakat juga akan diajari cara bercocok tanam dan berkebun modern. Apalagi Sihar selama ini dikenal berasal dari keluarga yang bergelut di bidang perkebunan modern, sehingga ia bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat agar mereka bisa menghasilkan panen berlimpah dengan kualitas yang bagus.


"Tim pemenangan dari PPP turut mensosialisasikan program Djarot di semua sektor, termasuk di bidang pertanian kepada konstituen selama ini. Kami yakin tawaran Djarot-Sihar di bidang pertanian ini akan semakin banyak membuat warga tertarik untuk memilih Djoss pada 27 Juni mendatang," pungkas Indra.
(idr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed