DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 18:21 WIB

Kader IMM Tersangka Kasus Hoax Selingkuh Mentan-Bupati Pandeglang

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kader IMM Tersangka Kasus Hoax Selingkuh Mentan-Bupati Pandeglang Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (Mei Amelia R/detikcom)
Jakarta - Polisi menetapkan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Andi Maghfuri, sebagai tersangka dalam kasus penyebaran informasi hoax selingkuh Bupati Pandeglang Irna Narulita dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Andi menjadi tersangka setelah diperiksa intensif oleh penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya.

"Sudah (tersangka)," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada detikcom, Selasa (12/6/2018).



Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menambahkan, Andi tak ditahan dalam kasus itu. Namun Argo menegaskan proses tetap lanjut.

"Sudah tersangka dan tidak dilakukan penahanan. Proses tetap lanjut," ujar dia.

Penangkapan Andi bermula dari adanya laporan terkait pencemaran nama baik. Setelah itu, polisi mengidentifikasi dan menemukan data bahwa Andi-lah yang mengunggah isu hoax tersebut.



"Jadi begini, intinya bahwa Polda Metro menerima laporan terkait pencemaran nama baik, kita lakukan identifikasi menggunakan digital forensics. Kita menemukan bahwa yang meng-upload, yang menyebarkan atau mendistribusikan seseorang, ya," ujar dia.

Polisi kemudian menangkap Andi di Purworejo, Jawa Tengah. Selanjutnya, dia dibawa ke Mapolda Metro Jaya.

"Yang kemarin kita amankan dari Purworejo. Dan yang bersangkutan kita amankan ke Jakarta. Yang bersangkutan menyatakan bukan dia yang melakukan. Tetapi kita masih dalami. Sampai sekarang kita masih belum mendapatkan hasil. Masih pemeriksaan," ujar dia.



Ketua DPP IMM Ali Muthohirin sebelumnya mengatakan kadernya itu telah membantah soal tuduhan tersebut. DPP IMM pun memberikan pendampingan kepada Andi yang tengah menghadapi proses hukum.

"Iya (penangkapan diduga terkait akun yang sebar hoax isu selingkuh) sekalipun membantah, (tapi) bukti permulaan karena nge-tweet itu," kata Ali saat dihubungi.
(knv/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed