DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 17:43 WIB

Ini 2 Langkah Awal RI untuk Perjuangkan Palestina di DK PBB

Ray Jordan - detikNews
Ini 2 Langkah Awal RI untuk Perjuangkan Palestina di DK PBB Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (Foto: Kris - Biro Pers Setpres)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta isu Palestina jadi prioritas utama yang diperjuangkan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB). Seperti apa konkretnya?

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan posisi Indonesia tidak akan bergeser dalam memperjuangkan isu kemerdekaan Palestina. Terlebih isu itu sendiri sudah dipesan khusus Presiden Jokowi untuk diperjuangkan selama Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB.


"Isu Palestina akan terus jadi prioritas politik luar negeri Indonesia, bahkan setelah Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB. Presiden telah memberikan arahan langsung agar isu Palestina menjadi prioritas selama Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB," kata Retno di usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018).

"Jadi sekali lagi saya ingin tekankan tidak ada perubahan atau bahkan justru terjadi penebalan keberpihakan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam mencapai atau dalam berjuang merebut hak-hak Palestina. Sekali lagi Indonesia selalu bersama dengan Palestina," tambahnya.


Retno menjelaskan ada 2 langkah konkret yang akan dilakukan dalam memperjuangkan isu Palestina. Pertama, pemerintah Indonesia melihat bahwa negosiasi dengan mengedepankan 'peace talk' dalam rangka perdamaian, sudah cukup lama terhenti.

"Kita akan mencoba mencari jalan, tentunya ini tidak hanya dilakukan Indonesia sendiri sebagai anggota tidak tetap DK PBB, tetapi kami akan berbicara dengan anggota lainnya agar mendorong dimulainya pembicaraan atau pembahasan mengenai perdamaian ini," kata Retno.


Yang kedua, lanjut Retno, Indonesia ingin melihat sejauh mana perkembangan resolusi DK PBB mengenai Palestina yang jumlahnya cukup banyak.

"Dan saya kira kalau kita bicara mengenai elemen resolusi itu sudah cukup kaya, sehingga dorongan kita agar resolusi tersebut segera agar diimplementasikan," ujar Retno.
(jor/jbr)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed