DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 04:25 WIB

Polri Bentuk Tim Khusus Bantu Polda Sulsel Amankan Pilkada

Audrey Santoso - detikNews
Polri Bentuk Tim Khusus Bantu Polda Sulsel Amankan Pilkada Foto: Wakapolri Komjen Syafruddin (Novel DA/detikcom)
Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin menerbitkan surat perintah (Sprin) kepada lima perwira tinggi (pati) Polri untuk mengamankan pilkada di wilayah Sulawesi Selatan. Sprin itu tertulis dalam nomor Sprin/1503/VI/PAM.2.4/2018.

Tertuang dalam sprin itu nama Wairwasum Polri Irjen Agung Sabar Santoso sebagai ketua tim, Wakabareskrim Polri Irjen Antam Novambar sebagai wakil ketua tim serta Wadankor Brimob Polri Brigjen Abdul Rakhman Baso, Direktur Tipidter Bareskrim Polri Brigjen Mohammad Fadhil Imran dan Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Teddy Minahasa sebagai anggota tim.


"Setelah saya klarifikasi kepada Pak Wairwasum, sprin di atas betul," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/6/2018) malam.

Dasar penerbitan sprin tertulis 'Rencana Kontinjensi Aman Nusa I-2018 Nomor: R/Renkon/23/I/2018 tentang menghadapi Kontinjens konflik sosial tahun 2018 dan perintah lisan Wakapolri kepada Asops Kapolri tanggal 11 Juni 2018.

"Ini khusus membantu Polda Sulsel dalam pengamanan," ujar Setyo.

SSprin kepada lima perwira tinggi (pati) Polri untuk mengamankan pilkada di wilayah Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Istimewa


Dalam sprin tertulis kelima jenderal selain menjalankan tugas sesuai jabatan kedinasan, juga harus menegakan hukum sesuai aturan yang berlaku terhadap kasus-kasus yang menyangkut pilkada di Sulsel.

"Di samping tugas dan jabatannya sehari-hari, ditunjuk untuk melaksanakan tugas sebagai tim dalam mengambil langkah-langkah khusus dan penegakan hukum sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku terhadap kasus-kasus yang berhubungan dengan pilkada di wilayah prop Sulsel dan kasus-kasus lain yang berkaitan dengan rasa keadilan masyarakat," dikutip dari sprin tersebut oleh detikcom.

Sprin kepada lima perwira tinggi (pati) Polri untuk mengamankan pilkada di wilayah Sulawesi Selatan.Sprin kepada lima perwira tinggi (pati) Polri untuk mengamankan pilkada di wilayah Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Istimewa

Masih berdasarkan yang tertulis di sprin, tugas ini berlaku mulai hari ini hingga waktu yang tak ditentukan. Wakapolri meminta tim untuk berkoordinasi dengan Polda Sulsel, melaporkan pelaksanaan perintah kepada Kapolri atau Wakapolri atau Irwasum Polri dan mellaksanakan perintah dengan penuh rasa tanggung jawab.
(aud/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed