DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 13:03 WIB

Pilgub Jatim 2018

PD Tepis Hoax Khofifah Minta Dukungan Amien Rais-Habib Rizieq

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PD Tepis Hoax Khofifah Minta Dukungan Amien Rais-Habib Rizieq Khofifah-Emil (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) membantah isu yang menyebut cagub Jatim usungannya, Khofifah Indar Parawansa, meminta dukungan dari Amien Rais dan Habib Rizieq Syihab. PD menyebut itu hoax yang merupakan kampanye hitam untuk jagoannya tersebut.

"Informasi hoax atau kampanye hitam yang ditujukan kepada pasangan Khofifah adalah terkait pernyataan yang dibuat seolah-olah dari Habib Rizieq Syihab dan Amien Rais. Dua ulama besar yang saat ini terpecah opini publik menyikapinya," ujar Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum PD Ferdinand Hutahaean dalam keterangannya, Senin (11/6/2018).

Pesan hoax dukungan dari Amien Rais dan Habib Rizieq itu disebut merugikan Khofifah dan pasangannya, Emil Dardak. Dalam pesan hoax itu, Amien dan Rizieq meminta Khofifah merebut Jatim.


"Pesan yang beredar yang dibuat seolah olah dari kedua ulama tersebut adalah perintah untuk merebut Jawa Timur. Inilah yang kami sebut hoax karena pesan tersebut sama sekali tidak benar dan tidak pernah ada," kata Ferdinand.

"Informasi hoax yang menjurus kampanye hitam untuk menggerus dukungan publik masyarakat kepada pasangan Kofifah-Emil Dardak. Ini pekerjaan pihak lain," lanjutnya.

Ferdinand menuding pihak lawanlah yang membuat isu tersebut. Pasalnya, dukungan dari Amien dan Rizieq dianggap akan membuat elektabilitas Khofifah-Emil menurun. Sebab, karakteristik pendukung Khofifan-Emil berbasis Nahdlatul Ulama (NU).


"Mereka ini paham betul bahwa Jawa Timur adalah basis NU sehingga dukungan dari kedua tokoh tersebut justru akan bertolak belakang dengan komunitas mayoritas di Jawa Timur yang Nahdlatul Ulama. Publik juga tentu tahu hubungan NU dengan Habib Rizieq seperti apa. Jadi kami sampaikan bahwa itu adalah hoax. Tidak benar," sebut Ferdinand.

Demokrat memastikan Khofifah tidak pernah meminta dukungan kepada Habib Rizieq dan Amien Rais. Ferdinand berharap pendukung Khofifah tidak terpengaruh isu tersebut.

"Khofifah tidak pernah meminta dukungan kepada Habib Rizieq maupun kepada Amien Rais. Jadi dengan bantahan ini, kami harap publik masyarakat Jawa Timur semakin mengerti bahwa berita itu sengaja dibuat oleh pihak yang ketakutan kalah di Pilgub Jatim. Siapa mereka? Biarlah publik menilai sendiri, kami tidak ingin menuduh," sebutnya.

Seperti diketahui, Khofifah-Emil maju di Pilgub Jatim dengan dukungan dari Partai Demokrat, NasDem, Golkar, PPP, dan Hanura. Keduanya akan melawan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jatim, yang akan digelar secara serentak dengan pilkada lainnya, yakni pada 27 Juni mendatang.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed