DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 08:45 WIB

H-4 Lebaran, Mudik ke Semarang Via Pantura Lancar

Eva Safitri - detikNews
H-4 Lebaran, Mudik ke Semarang Via Pantura Lancar Mudik Tegal-Semarang via Pantura (Eva/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Tegal - Tak usah khawatir terjebak macet jika melewati Pantura saat mudik. Keluar dari Brebes Exit (Brexit) Timur menuju Semarang lewat Pantura kini aman dan lancar.

Pantauan detikcom dari Pintu Tol Brexit, Tegal, Senin (11/6/2018) sekitar pukul 07.45 WIB, tak ada penumpukan kendaraan yang menuju Semarang. Sesekali kendaraan berhenti karena mengikuti lampu lalu lintas saja.


Di Pantura, kendaraan roda empat terpantau lebih sedikit dibanding bus dan motor. Walaupun arus kendaraan lancar, pemudik harus tetap berhati-hati mengatur kecepatan kendaraan. Itu lantaran banyak bus yang melintas dan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengatakan, dari tahun sebelumnya, lalu lintas di jalur Pantura kerap macet. Kemacetan terkadang mencapai 10-15 kilometer.

"Kalau dulu kira-kira seperti itu, bisa sampai 10-15 kilometer ya, kemacetan ya. Jadi, baik ke arah arus mudik, begitu juga pada arus balik, ini menjadi masalah," ucap dia.


Jika terjadi kepadatan, jelas Benyamin, petugas harus merekayasa lalu lintas dengan memberlakukan contraflow. "Kadang kita harus tutup lajur kanan kita buat istilah contraflow 313 untuk yang mengarah ke timur 1 yang mengarah ke barat. Yang sekarang lancar-lancar saja. Di depan pun normal seperti hari-hari biasa," tutupnya.


Bagaimana pengalaman mudik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman Anda dengan mengirim email ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!

Saksikan juga video 'Menhub Pastikan Jalur Pantura Tak Kalah Mulus dengan Tol':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed