DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 00:12 WIB

Sandi 'Tantang' Susi Renang Lagi, Kali Ini di Ciliwung

Indra Komara - detikNews
Sandi Tantang Susi Renang Lagi, Kali Ini di Ciliwung Foto: Sandiaga Uno (dok. istimewa)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kembali 'menantang' Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. Kali ini, 'tantangan' dari Sandi ialah mengajak Susi berenang di Sungai Ciliwung.

"Ini kita harapkan nanti badan sungainya maupun bantaran sungainya bisa dinaturalisasi dengan baik dan akan menjadi tempat pariwisata," kata Sandi dalam keterangannya, Minggu (10/6/2018).


Hal itu disampaikan Sandi saat menghadiri acara malam inaugurasi aktivis sungai se-DKI Jakarta di Sekretariat Bersama Laskaru Villa Palem, Jalan Palem Moh. Kahfi 1, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Apabila naturalisasi Sungai Ciliwung sukses, Sandi pun akan mengajak Susi berenang.

"Dan ini saya akan nyemplung di Susi vs Sandi jilid 3, mudah-mudahan Bu Susi mau, berani. Kita akan coba kemarin sudah di Danau Sunter, di laut, sekarang yang paling ekstrem di sungai. Saya aja bayanginnya cukup ini tapi mereka menjamin dan kalau temen-temen menjamin saya berani nyemplung," ucap Sandi.

"Biasalah, Bu Susi pakai paddle, kalau saya coba berenang. Ya pasti kalah juga tapi ini akan memberikan apresiasi dan motivasi ke masyarakat untuk menjaga sungai," sambung Sandi.


Untuk mewujudkan Sungai Ciliwung yang bersih, Sandi mendorong agar lingkungan benar-benar dijaga. Salah satu cara yang ditempuh Sandi dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang berbasis lingkungan.

"Yang kita lakukan satu penekanan fokus agar aktivis lingkungan yang akan menjaga lingkungan hidup terutama sungai-sungai di Jakarta ini akan menciptakan green jobs yaitu lapangan kerja berbasis lingkungan, lapangan berbasis lingkungan ini akan memastikan bahwa sungai-sungai kita," kata Sandi.

"Badan air kita maupun lingkungan hidup di DKI Jakarta terlestarikan dan ini adalah gelombang baru penciptaan lapangan kerja," imbuh Sandi.


Sandi mengaku akan bekerja sama dengan aktivis lingkungan untuk menciptakan lapangan kerja itu. Cara kemitraan itu menurut Sandi harus aktif digerakkan dengan harapan dapat menciptakan 20 ribu hingga 30 ribu lapangan kerja.

"Nanti untuk melakukan naturalisasi sungai maupun pembersihan kita akan melibatkan. Kemarin waktu di Pulau Bidadari kita adalah kolaborasi antara Ancol, kami Pemprov DKI dan Laskaru. Itu sudah membersihkan beberapa ton dari wilayah di Pulau Bidadari untuk kita revitalisasi, itulah kemitraannya," sebut Sandi.
(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed