DetikNews
Minggu 10 Juni 2018, 17:08 WIB

Top 5 News

Amien Rais Siap Nyapres, Pemerintah RI Nunggak Bayar Satelit

Muhammad Idris - detikNews
Amien Rais Siap Nyapres, Pemerintah RI Nunggak Bayar Satelit Foto: Top 5 News Edisi Minggu (106/2018)
FOKUS BERITA: Amien Rais Siap Nyapres
Jakarta - Mengaku terinspirasi dengan kemenangan Mahathir Mohamad di pemilu Malaysia, Amien Rais menyatakan siap maju menjadi calon presiden 2019. Politikus gaek ini masuk dalam bursa kandidat capres dari PAN.

Sementara itu, pemerintah Indonesia dilaporkan harus membayar denda sebesar US$ 20 juta kepada perusahaan satelit asal Inggris, Avanti. Ini dikarenakan Kementerian Pertahanan lalai dalam melakukan pembayaran.

Berikut Top 5 News edisi Minggu (10/6/2018).

[Gambas:Video 20detik]


1. Amien Rais Siap Nyapres di 2019

Amien Rais mengaku siap maju menjadi capres 2019. Menurut mantan Ketua MPR tersebut, jika berkaca pada Mahathir, usia bukan masalah baginya mancalonkan diri menjadi orang nomor satu di Indonesia tersebut. Dia sebelumnya gagal menjadi presiden saat kalah di Pilpres 2004.

Politikus berusia 74 tahun ini masuk dalam daftar capres yang diusung PAN bersama tiga kandidat lainnya yakni Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, dan Hatta Rajasa. Meski begitu, nama capres dari PAN akan diputuskan saat rakernas.

Artikel selengkapnya: Amien Siap Maju Jadi Capres 2019

2. Indonesia Didenda Rp 278 Miliar karena Lalai Bayar Sewa Satelit

Gara-gara menunggak pembayaran peminjaman satelit, pemerintah Indonesia didenda US$ 20 juta kepada Avanti. Perusahaan satelit komunikasi itu menggugat Kemenhan di jalur arbitrase pada Agustus tahun lalu.

Peminjaman satelit dilakukan untuk mencegah hilangnya hak spektrum L-band pada 123 derajat sebelah timur orbit Bumi. Posisi tersebut sebelumnya diisi oleh Garuda-1 yang sudah tidak beroperasi sejak 2015.

Artikel selengkapnya: Pemerintah Didenda Karena Satelit Pinjaman

3. Pemotor Ini Pede Masuk Jalur Tol Jagorawi

Ada-ada saja tingkah polah pemotor satu ini. Dia nekat melintas di tengah-tengah tol Jagorawi tanpa rasa takut. Pengendara itu tampak sendiri dan membawa tas di belakangnya.

Pihak Jasa Marga sebagai pengelola Jagorawi menegaskan ada ancaman pidana bagi pemotor yang nekat masuk tol. BUMN tersebut menyesalkan nekatnya pemotor masuk Jalan Tol Jagorawi pagi tadi.

Artikel selengkapnya: Motor Masuk Tol Jagorawi

4. Gerbang Tol Merak Macet 2,5 Km

Kemacetan para terjadi di jalan tol Tangerang-Merak. Antrean kendaraan dimulai dari gerbang tol Merak hingga kilometer 95.500 atau sekitar 2,5 km.

Banyaknya pemudik yang memilih berangkat saat malam hari membuat penumpukan di gerbang tol Merak. Kendaraan didominasi mobil pribadi berpelat nomor polisi B.

Artikel selengkapnya: Macet Panjang di Gerbang Tol Merak

5. Kenang Setahun Kepergian Julia Perez

Julia Perez atau yang lebih akrab disapa dengan Jupe meninggal tepat di hari ini pada setahun lalu. Sejumlah keluarga dan rekannya berziarah ke makamnya yang berada di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Dia meninggal setelah berjuang selama bertahun-tahun melawan kanker serviks atau kanker leher rahim. Jupe meninggal dunia tepat setahun yang lalu di usia 36 tahun.

Artikel selengkapnya: Mengenang Setahun Wafatnya Jupe
(idr/ega)

FOKUS BERITA: Amien Rais Siap Nyapres
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed