ADVERTISEMENT

Tanjakan Kali Kenteng 57 Derajat Itu Hoax!

Eko Susanto - detikNews
Minggu, 10 Jun 2018 16:54 WIB
Foto: Tol Fungsional (Dok KSP)
Semarang - Beredar video yang memperlihatkan mobil Daihatshu Ayla B 1081 FRA melewati tol fungsional ruas Salatiga-Kartasura di Jembatan Kali Kenteng tidak kuat. Mobil tersebut tidak kuat saat melewati tanjakan, kemudian petugas mendorong dan memasang ganjal di bannya.

Selain itu, ada mengirimkan pesan berantai melalui Whatsapp menyebutkan agar tidak melewati Jembatan Kali Kenteng karena tanjakannya 57 derajat banyak mobil yang tidak kuat sehingga menyebabkan kemacetan. Kemudian, dalam pesan tersebut menyarankan jika ragu-ragu pemudik lainnya agar melewati tol Salatiga atau Bawen saja.

Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Sandhi Wiedyanoe mengatakan, berdasarkan data empirik di lapangan kemiringan 22,2 derajat. Kemudian saat melewati tanjakan ini akan terlihat kondisi kesehatan mobil pemudik.

"Kalau 57 derajat itu mobil tidak mampu melewati tanjakan. Jadi yang menyebut 57 derajat ini berita hoax. Kemudian, bukan soal tanjakannya yang tidak dapat dilewati, tapi ini lebih faktor kesehatan mobil dan skill pengemudi. Ini mengingat mobil setipenya mampu melewati tanjakan tersebut," kata Sandhi saat dihubungi, Minggu (10/6/2018).

Selain itu, Sandhi mengimbau kepada pemudik saat melewati Jembatan Kali Kenteng untuk lebih berhati-hati dan mematuhi semua rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

"Anda tidak perlu takut saat melewati tol fungsional ruas Salatiga-Kartasura dan khusus di tanjakan Jembatan Kali Kenteng. Patuhi rambu-rambu dan indahkan atensi dari petugas untuk memindahkan ke gigi satu atau rendah," ujarnya.



Tonton juga 'Terminal Pulo Gebang Diserbu Pemudik Sejak Pagi':

[Gambas:Video 20detik]

(asp/asp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT