DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 19:54 WIB

Pesan Moeldoko ke Pemudik: Nikmati Perjalanan Jika Terjadi Macet

Zunita Amalia Putri - detikNews
Pesan Moeldoko ke Pemudik: Nikmati Perjalanan Jika Terjadi Macet Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau kepada para pemudik untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bagi masing-masing pemudik. Dia juga memberi tahu ada tiga titik krusial kemungkinan terjadinya kemacetan di beberapa titik.

"Bagi para pemudik pesan saya yang pertama adalah nikmati perjalanan dengan baik, jangan paksakan diri karena keamanan keselamatan jadikan prioritas," ucap Moeldoko kepada wartawan di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).



Moeldoko juga meminta bagi para pemudik jika terkena kemacetan diharapkan menikmati kemacetan tersebut jangan memaksakan hal-hal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan.

"Kedua, terhadap adanya hal-hal kemacetan. Itu dinikmati saja, jangan keluh kesah, karena kita sudah usaha maksimal ternyata jembatan Kalikuto baru selesai H-2. Kita terimakasih apresiasi Menteri PUPR karena dia sudah bekerja keras," tutur dia.



Selain itu, dia juga menginfokan beberapa titik-titik krusial. Antara lain, pintu masuk Tol Cipali, kilometer 94 Tol Cipali, dan Sungai Jembatan Kalikuto.

"Ada tiga titik krusial. Titik pertama adalah masuk Cipali seseorang akan menentukan lewat pantai selatan atau utara sebelumnya sudah kita kasih plang atau billboard agar ada pikiran tidak hanya pantura saja, ternyata selatan juga bagus karena pemandangannya indah," kata dia.


Selain itu dia mengatakan di kilometer 94 Tol Cipali itu akan ada perubahan operasional menjadi fungsional yaitu kecepatan yang biasanya mencapai 100 km/jam akan diubah menjadi 40 km/jam. Dia memprediksi di sana akan terjadi perlambatan.

"Kedua di kilometer 94 ada perubahan tol operasional menjadi fungsional sehingga kecepatan 100 km/jam jadi 40 km/jam maka akan terjadi pelambatan, di situ titik krusial yang ada tapi kami sudah siapkan rest area minimalis yang ada bensin ada air, makanan dan tempat-tempat lain untuk WC," tutur dia.



Titik krusial yang terakhir ia menyampaikan itu ada di Jembatan Kalikuto yang jembatannya belum bisa beroperasi. Ia mengatakan pengerjaan jembatan tersebut akan selesai H-2 Idul Fitri.

"Ketiga adalah di Jembatan Kalikuto di situ dikeluarkan sebentar karena jembatan Kalikuto-nya baru selesai H-2, sehingga dikeluarkan sedikit kurang lebih 500 meter tapi itu juga krusial untuk diperhatikan," ucap Moeldoko.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed