DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 14:09 WIB

Jazirah Islam 2018

Makanan Halal di Belanda yang Menggiurkan untuk Dicoba

Lydia Wijaya - detikNews
Makanan Halal di Belanda yang Menggiurkan untuk Dicoba Semakin mudah menemukan makanan halal di Belanda. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Amsterdam - Berwisata ke Eropa bagi seorang muslim merupakan suatu tantangan tersendiri. Pasalnya, muslim menjadi minoritas di sana. Namun tidak perlu khawatir jika pergi ke Belanda.

Penduduk Belanda pada kenyataannya sangat majemuk. Ada lebih dari 200 kewarganegaraan yang tinggal di Negeri Kincir Angin ini. Umat muslim di sini tergolong cukup banyak, di mana penganut muslimnya ada sekitar 6% dari total penduduk.

Tentunya, semakin mudah menemukan makanan halal. Salah satunya adalah di pasar Albert Cuyp yang terletak di distrik De Pijp. Pasar yang didirikan sejak tahun 1905 ini adalah pasar terbuka terbesar di Eropa. Ada 260 gerai dibuka dan aneka macam makanan, buah, souvenir, semua ada di sini.



Salah satunya adalah ayam panggang. Ayam panggang dijual mulai dari harga 2 sampai 8 euro, atau setara dengan Rp 34 ribu hingga Rp 136 ribu. Ada lagi nih yang menarik di sini, yakni pancake Turki.

Karim, pria berdarah Turki, sudah berjualan makanan khas negara asalnya di sini selama 10 tahun lebih. Tak heran, sudah banyak pelanggan setia yang berkunjung untuk membeli pancake Turki buatan tangannya.

Pancake Turki. Pancake Turki. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Dalam bahasa Turki, makanan ini di sebut gozleme. Cara membuatnya, adonan tepung terigu yang telah kalis, digiling dan segera diisi dengan aneka isian, seperti bayam dan keju yang diimport dari Turki.

Jangan khawatir, kejunya dipastikan halal, karena pada proses pembuatannya diberikan enzim dari tumbuhan. Isiannya, selain bayam, ada juga kentang berbumbu.

Ikan haring. Ikan haring. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Di Turki sendiri, makanan ini biasanya dimakan untuk sarapan. Pancake Turki dijual mulai dari harga 3 hingga 5 euro. Satu lagi, jangan sampai kelewatan makanan khas dari Belanda, ikan haring.

Masih saudara dengan sarden, ikan yang ditangkap di laut dekat Denmark ini sangat populer di Belanda, dan menjadi makanan sehari-hari warga di sana, terutama yang tinggal di dekat pantai.



Tradisi orang Belanda makan ikan harring sudah berlangsung lebih dari 600 tahun. Sebelum dijual, ikan harring yang telah dibekukan, direndam dengan air garam dan disajikan dengan bawang bombay. Satu ekor ikan haring dijual mulai dari harga dua setengah hingga lima euro.


Saksikan cerita lengkap perjalanan di Negeri Kincir Angin Belanda dalam program Jazirah Islam, Jumat 8 Juni 2018, pukul 15:00 WIB di TRANS 7
(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed