DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 07:58 WIB

Dorongan Lapor Polisi untuk Via Vallen yang Merasa Dilecehkan

Mochamad Zhacky - detikNews
Dorongan Lapor Polisi untuk Via Vallen yang Merasa Dilecehkan Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta - Pedangdut Via Vallen dibanjiri dukungan setelah berani mengungkapkan dugaan pelecehan seksual yang ia terima. Cawagub Jawa Timur Puti Guntur Soekarno bahkan menyarankan agar melaporkan dugaan itu ke pihak berwajib.

Dugaan pelecehan itu mulai ramai diperbincangkan seusai Via mengunggah pesan lewat fitur Instagram Stories di akunnya. Via mem-posting direct message (DM) tak senonoh yang diterima dari seorang pesepakbola pria.

Menurut Puti, Via harus berani melaporkan dugaan pelecehan itu ke polisi. Dengan begitu, perempuan lainnya juga akan tergerak untuk berani melakukan tindakan yang sama.

"Mari speak up, laporkan jika ada pelecehan. Mari kita dukung Via Vallen dan perempuan Indonesia lainnya yang berani bersuara demi martabat dan kehormatannya. Masyarakat juga jangan mem-bully korban," kata Puti, Rabu (6/6/2018).


Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi bersikap lebih 'lembut'. Dia menyarankan agar si pengirim pesan meminta maaf kepada Via.

"Ya harus minta maaf. Via Vallen, saya harap, sabar ya," ujar Imam di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dukungan kepada Via tidak hanya datang dari Puti dan Imam. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan Komisioner Komnas Perempuan Adriana Venny juga ikut membela Via.

"Namanya perempuan punya harga diri dan martabat yang memang dijaga. Jadi ini merupakan pelecehan terhadap martabat perempuan," tutur Yohana.

"Kalau Komnas Perempuan (menganggap) yang dihadapi Via Vallen ini masuk kategori pelecehan seksual. Ini perlu dilaporkan. Tak apa ke medsos. Tapi sebaiknya ke kepolisian," ucap Venny.


Begitu pula dengan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Politikus yang kerap disapa Kang Ace itu menilai dugaan pelecehan seperti itu perlu dilaporkan ke polisi supaya ada efek jera.

"Kalau memang Via Vallen merasa dirugikan dengan pelecehan seksual itu, ya, sebaiknya laporkan saja kepada Kepolisian RI. Ini dilakukan supaya ada efek jera agar hal-hal seperti itu tidak terulangi lagi,"

Pihak Kepolisian pun turut menanggapi. Menurut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono pelantun lagu 'Sayang' itu perlu melapor agar polisi menganalisa ada atau tidaknya unsur pidana.

"Bila Via Vallen merasa sebagai korban pelecehan dan meminta keadilan, silahkan laporkan. Polri sesuai dengan tugas dan fungsinya akan melayani, melindungi dan mengayomi," terang Syahar, kemarin.


(zak/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed