Siapa Capres Koalisi Kerakyatan Demokrat?

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 07 Jun 2018 16:53 WIB
Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum PD Ferdinand Hutahaean (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Partai Demokrat mendorong terbentuknya poros ketiga yang diberi nama Koalisi Kerakyatan. Siapa capres koalisi tersebut?

Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahean menyebut salah satu kriteria capres Demokrat adalah sosok muda. Contohnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang merupakan kader Demokrat, hingga Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

"Partai Demokrat kan saat ini punya kader yang namanya Agus Harimurti Yudhoyono, tentu beliau ini memang masih muda. Tapi kalau bicara kader muda, bukan cuma kader Demokrat yang punya, ya ada Cak Imin ada, Romahurmuziy, ada Zulkifli Hasan, ada Gatot Nurmantyo, ada banyaklah yang sekarang lagi muncul, bahkan sekarang belakangan muncul Chairul Tanjung," kata Ferdinand di DPP Demokrat, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018).


Ia mengaku hingga kini masih berkomunikasi intens dengan parpol lain, seperti PAN dan PKB. Namun ia menyebut Demokrat sedang berupaya membantu masyarakat di samping membicarakan koalisi.

"Bagi Partai Demokrat sekarang ini, bagaimana kita fokus membantu rakyat dulu, makanya kita belum serius sampai sekarang akan berkoalisi dengan siapa dan akan ke mana," ungkapnya.


Ferdinand percaya diri Koalisi Kerakyatan ini dapat menyaingi Koalisi Keummatan ataupun koalisi pendukung petahana Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Koalisi Keummatan merupakan klaim sepihak yang disarankan oleh imam besar FPI Habib Rizieq Syihab.

"Namanya menyaingi atau mungkin jadi kompetitor dari Poros Kekuasaan dan Poros Keummatan yang kemarin masih klaim-klaim beberapa pihak semata," ucap Ferdinand. (yld/dkp)