DetikNews
Kamis 07 Juni 2018, 13:51 WIB

Indahnya Berbagi di Lembah Kashmir

Dinda Tahier - detikNews
Indahnya Berbagi di Lembah Kashmir Ayam diolah menjadi talith kokur untuk dibagikan. Foto: Daeng Nico/ Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kashmir - Di balik keindahan alam Kashmir, kota indah di ujung barat pegunungan Himalaya, masih banyak orang-orang miskin karena konflik berkepanjangan yang melanda kota ini.

Bersama muslimah dari Kashmir bernama Saba Nazki, tim Jazirah Islam akan melakukan donasi bagi sesama dengan berbagi makanan pada kaum dhuafa.

Bahan pertama yang akan dicari adalah daging ayam. Alhamdulillah, karena mayoritas penduduk Kashmir adalah muslim, sangat mudah untuk mendapatkan daging halal.

Indahnya Berbagi di Lembah Kashmir Hazratbal Shrine jadi tujuan menyalurkan sedekah. Foto: Daeng Nico/ Jazirah Islam TRANS 7

Ayam segar yang sudah didapat, diolah menjadi masakan khas Kashmir, talith kokur. Kegiatan ini, rutin diadakan Saba setiap bulan. Terlebih saat bulan Ramadan pernuh berkah seperti sekarang, Saba kian gencar berbagi ke sesama.

Saba tidak pernah lupa untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk zakat. Seperti sabda Rasulullah SAW : janganlah engkau menyimpan harta tanpa menyedekahkannya. Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.

Indahnya Berbagi di Lembah Kashmir Saba juga membagikan buku-buku. Foto: Daeng Nico/ Jazirah Islam TRANS 7


Hazratbal Shrine menjadi tujuan Saba untuk sedekah makanan. Di sini, selalu ada pengemis yang berkumpul setiap harinya. Terlibat dalam kegiatan ini mengingatkan kami bahwa masih banyak saudara kita yang membutuhkan. Meski sedikit, semoga yang kami bagikan bisa membantu mereka.

Sedekah yang rutin dilakukan Saba untuk membantu sesama, ternyata tidak hanya berupa makanan. Saba juga membagikan buku-buku ke salah satu sekolah penghapal Alquran.

Indahnya Berbagi di Lembah Kashmir Murid pesantren Darul Ul Uloom Bakur. Foto: Daeng Nico/ Jazirah Islam TRANS 7


Pesantren Darul Ul Uloom Bakur menjadi tujuan kami. Pesantren ini merupakan sekolah pencetak hafiz-hafiz junior dari Kashmir. Kebanyakan dari para hafiz ini adalah anak yatim dan berasal dari keluarga tidak mampu. Semoga buku-buku ini membuat mereka semakin giat mempelajari Alquran.

Saksikan kisah perjalanan tanah Kashmir, India, dalam program Jazirah Islam, Kamis 7 Juni 2018 pukul 15:00 WIB hanya di TRANS 7



Tonton juga: 'Kisah Kehidupan Muslim di Balik Keindahan Kota Kashmir'

[Gambas:Video 20detik]


(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed