ADVERTISEMENT

Bimanesh: Fredrich Sempat Tes Kesehatan untuk Jadi Ketua KPK

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 07 Jun 2018 12:09 WIB
Dokter Bimanesh Sutarjo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Perkenalan Fredrich Yunadi dengan dokter Bimanesh Sutarjo terjadi pada tahun 2004. Saat itu Bimanesh memeriksa kesehatan seorang tahanan yang kuasa hukumnya adalah Fredrich.

"Pernah (bertemu Fredrich) tahun 2004. Waktu itu saya ditugaskan oleh Kepala Rumah Sakit Polri untuk memeriksa kesehatan tahanan. Kebetulan saat itu salah satu tahanan adalah kliennya Fredrich," ucap Bimanesh saat menjalani pemeriksaan terdakwa dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018).


Sejak saat itu, Bimanesh beberapa kali bertemu Fredrich. Mayoritas pertemuan mereka berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan Fredrich, termasuk untuk keperluan kepemilikan senjata api dan keperluan Fredrich saat mendaftar menjadi Ksetua KPK.

"Setelah itu yang kedua, tahun berikutnya dia datang untuk meminta pemeriksaan untuk senjata api. Kemudian, untuk menjadi Ketua KPK kalau nggak salah, tapi itu saya serahkan ke tim pemeriksaan kesehatan," ucap Bimanesh.

Bimanesh didakwa melakukan perintangan penyidikan KPK terhadap Setya Novanto. Dia disebut bekerja sama dengan Fredrich merekayasa rekam medis Novanto untuk menghindari penyidikan KPK.


Menurut Jaksa tak ada hal yang meringankan dari perbuatan Fredrich, tonton videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT