DetikNews
Kamis 07 Juni 2018, 02:48 WIB

Serba-serbi Pertemuan PKS-Habib Rizieq di Mekah

Gibran Maulana Ibrahim, Gibran Maulana Ibrahim, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Serba-serbi Pertemuan PKS-Habib Rizieq di Mekah Foto: PKS temui Habib Rizieq di Mekah. (Dok Istimewa)
Jakarta - Elite PKS menemui Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab di sela kegiatan ibadah Umrah di Mekah. Berbagai hal mulai dari kondisi bangsa hingga Pilpres 2019 dibahas dalam pertemuan tersebut.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini yang ikut dalam pertemuan pada 5 Juni 2018 mengungkapkan, pertemuan PKS dengan Habib Rizieq dalam rangka silaturahmi. Jazuli menyebut ini kali kedua, pihaknya mengunjungi Rizieq.

"Habib Rizieq tadi juga berpesan agar semua komponen bangsa menjaga NKRI dari berbagai rongrongan yang menghancurkan sendi-sendi berbangsa dan bernegara," ujar Jazuli, Rabu (6/6/2018).


Habib Rizieq dan PKS bicara tentang kondisi ulama di RI. Menurut Jazuli, Rizieq ingin bangsa ini menghormati ulama.

"Agar menghormati ulama dan agama-agama yang diakui di Indonesia, jangan memberi ruang pada paham dan kepentingan yang bertentangan dengan konstitusi, Pancasila, dan norma-norma agama yang diakui di Indonesia," tuturnya.


Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengungkapkan ada tiga hal yang dibahas dalam pertemuan itu. Tiga hal yang dibahas tersebut, kata Mardani, terkait dengan Koalisi Keummatan yang tercetus saat pertemuan Prabowo, Amien Rais, dan Habib Rizieq. Pertama, pembicaraan terkait platform dan konten dari koalisi.

"Jangan sampai yang terjadi adalah kita kumpul tapi tidak ada isinya," kata Mardani.


Kedua, kata Mardani, pertemuan tersebut juga dilakukan sebagai upaya penjajakan. Siapa saja, lanjutnya, yang mungkin akan bergabung dalam Koalisi Keummatan.

"Kan udah ada Gerindra-PKS-PAN. Kita lagi ngajak yang lain. Ada yang mau gabung lagi nggak. Baru kemudian yang ketiga, susunan capres-cawapres pembicaraan awal," katanya.
(nvl/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed