Anies: 2013 Surabaya Sarankan Pakai Tong Sampah Made in Jerman

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 21:21 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku mendengar dari jajarannya soal pemakaian tong sampah made in Jerman. Cerita yang Anies dengar, Pemkot Surabaya menyarankan Pemprov DKI membeli tong sampah buatan Jerman pada 2013.

"Ini, bukan saya ya, tapi cerita dari kepala dinas bahwa Surabaya, kalau nggak salah sekitar tahun 2013, sekitar itu (sarankan pakai tong sampah buatan Jerman)," kata Anies di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (6/6/2018).


Anies mengakui penggunaan tong sampah buatan Jerman itu belajar dari Surabaya. Karena itu, dia meyakini pembelian tong sampah itu bukan keputusan tepat.

Anies: 2013 Surabaya Sarankan Pakai Tong Sampah Made in JermanTong sampah buatan Jerman (Dinas Lingkungan Hidup DKI)

"DKI waktu itu memang belajar dari Surabaya. Surabaya sudah menerapkan lebih dulu. Jadi makanya saya bilang kalau mau ramein, ramein saja, deh. Nanti kalau denger ceritanya baru pada senyum," ujar Anies.


Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bahkan mengaku dirinyalah yang mengusulkan agar DKI Jakarta menggunakan bak sampah compactor buatan Jerman tersebut. Risma mengusulkan itu saat Jokowi masih menjadi Gubernur DKI.

"Aku dulu yang omong, DKI harusnya pakai compactor (tong sampah buatan Jerman) karena jarak TPA-nya jauh," ujar Risma saat ditemui detikcom di sela sidak di Jalan Kenari, sore tadi.



Tonton juga video pernyataan 'Anies: Bukan Hanya Jakarta yang Pakai Tong Sampah Made In Jerman'

[Gambas:Video 20detik]



(zak/jbr)