DetikNews
Rabu 06 Juni 2018, 13:57 WIB

Berbelanja Daging Halal di Paris

Lydia Wijaya - detikNews
Berbelanja Daging Halal di Paris Noel Blanchis mengenal Islam sejak 5 tahun lalu. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Paris - Paris tidak hanya memukau, tetapi juga memberi inspirasi luar biasa. Sekali lagi, tim Jazirah Islam bertemu dengan seorang muslim yang memberi pencerahan.

Noel Blanchis, aktor teater berusia 32 tahun yang mengenal Islam sejak 5 tahun lalu. Perkenalannya dengan Islam, mendorongnya ingin berbuat yang terbaik. Tak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk agamanya.

Sikapnya yang ramah dan toleran, sangat dihargai teman-temannya. Melalui sikapnya, ia ingin menunjukkan bahwa Islam tidak bersifat eksklusif. Muslim dapat berbaur dengan siapa saja, tanpa memandang agama, suku maupun ras.



Alhamdulillah setelah menjadi muslim, ia tidak dijauhi teman-temannya dan masih tetap aktif dalam teater. Waktu magrib sudah dekat saat tim Jazirah Islam mengikuti kegiatannya. Noel pun mengajak kami berbuka puasa bersama.

Tujuan pertama kami adalah toko daging langganannya di kawasan Boulevard de Grenelle. Zakaria, pria keturunan Maroko pemilik toko daging tersebut, mengaku sudah delapan tahun membuka toko daging halal.

Ia mendapat pasokan daging halal dari peternakan di daerah Brittany, sekitar 500 kilometer dari Paris. Daging ayam, kambing hingga sapi, semua tersedia. Sertifikat halal pun tak lupa disertakan.

Noel memasak hidangan berbuka puasa.Noel memasak hidangan berbuka puasa. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Kedatangan kami ke toko daging karena hendak membuat masakan khas Prancis bernama Blanquette de Veau. Ini adalah makanan tradisional Prancis yang sudah ada sejak tahun 1700-an.

Bahannya sederhana, mudah juga didapatkan di Indonesia. Hanya diperlukan daging sapi, jamur kancing, wortel dan bawang bombay. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk menu buka puasa di rumah, begini cara mengolahnya.

Setelah daging dicampur dengan butter, lada hitam dan garam, lanjut ditumis. Kemudian masukkan bawang bombai, wortel dan kaldu sapi. Jangan lupa masukkan jamur kupingnya, lalu siapkan campuran pengentalnya. Ada kuning telur, krim dan perasan jeruk lemon.



Sesuai namanya, hidangan ini berarti selimut daging anak lembu. Jadi, penampilan kudapan ini menyerupai selimut putih tipis yang menutupi potongan daging di dalamnya .

Prancis meninggalkan cerita manis dan penuh inspirasi dalam perjalanan Jazirah Islam kali ini. Semoga Allah senantiasa melindungi saudara muslim kita di Negeri Menara Eiffel ini.


Simak cerita perjalanan tim Jazirah Islam di Prancis dalam program Jazirah Islam, Rabu 6 Juni 2018 pukul 15:00 WIB hanya di TRANS 7

(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed