DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 23:08 WIB

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Mulai Beroperasi Besok

Eva Savitri - detikNews
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Mulai Beroperasi Besok Kondisi terminal baru di Bandara Ahmad Yani (Eva Safitri/detikcom)
Semarang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan terminal baru Bandara Ahmad Yani mulai dibuka besok. Ia merasa puas setelah melihat arsitektur terminal tersebut.

Hal itu diungkapkannya setelah meninjau terminal baru Bandara Ahmad Yani yang letaknya tidak jauh dari terminal lama. Ia meninjau langsung bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajaran pejabat Angkasa Pura I.

Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan terminal baru Bandara Ahmad Yani SemarangMenhub Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang. (Eva Safitri/detikcom)

"Kami melihat performa akhir dari pembangunan. Besok rencananya pukul 06.00 WIB sudah bisa dioperasikan secara umum," ujar Budi setelah meninjau lokasi, Selasa (5/6/2018).


Budi mengungkapkan rasa puasnya melihat bentuk arsitektur dan interior yang merupakan hasil karya anak bangsa. Bandara itu dilengkapi dengan beberapa restoran yang menunya memiliki cita rasa khas dalam negeri.

"Saya merasa puas, hasil karya yang baik, dan semuanya adalah hasil karya anak bangsa. Dilihat flow, arsitekturnya, makanannya banyak dari dalam negeri. Kearifan lokal, saya bangga," ungkapnya.

Terminal ini siap dioperasikan besokTerminal ini siap dioperasikan besok. (Eva Safitri/detikcom)

Budi meminta pihak Angkasa Pura I selalu menjaga fasilitasnya. Nantinya terminal ini juga akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/6).

"Dengan bandara yang bagus, kalau servisnya kurang, itu akan tidak maksimal. Karena itu, Pak Faiq Fahmi, Dirut AP I, untuk persiapkan dengan baik karena nanti tanggal 7 Pak Presiden akan resmikan bandara juga meresmikan tower airnav di sini," ucapnya.


Pada Kamis (7/6) lusa, terminal ini akan diresmikan Presiden JokowiPada Kamis (7/6), terminal ini akan diresmikan Presiden Jokowi. (Eva Safitri/detikcom)

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faiq Fahmi mengatakan sejak hari ini pihaknya telah melakukan persiapan perpindahan seluruh perlengkapan. Besok semua penerbangan akan berpindah ke terminal baru.

"Rencana hari ini semuanya boyong. Jadi kita sudah berkoordinasi dan besok pagi seluruh flight sudah mulai dari terminal baru," ujar Faiq.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed