detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 19:46 WIB

Selain Babinsa, Tunjangan TNI-Polri Juga Naik 70%

Niken Purnamasari - detikNews
Selain Babinsa, Tunjangan TNI-Polri Juga Naik 70% Foto: Presiden Jokowi Berbuka Bersama di Mabes TNI (Niken Purnamasari/detikcom)
Jakarta - Tak cuma tunjangan para bintara pembina desa (Babinsa), Presiden Joko Widodo juga mengumumkan kenaikan tunjangan bagi anggota TNI dan Polri. Kenaikan tersebut berupa tunjangan kinerja.

"Selain itu juga akan saya umumkan mengenai kenaikan tunjangan kinerja, tukin, yang akan diberikan juga di bulan Juli, TNI-Polri. Semuanya naik jadi 70 persen," ujar Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018).


Soal tunjangan kinerja, sebelumnya Inspektur Jenderal TNI Mayjen M Herindra berharap adanya kenaikan tunjangan kinerja. Dia berharap kenaikan tunjangan dapat membuat kinerja TNI semakin baik.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan kabar gembira soal kenaikan tunjangan untuk Babinsa. Tak tanggung-tanggung, kenaikan tunjangan Babinsa mencapai 771 persen.


"Selain itu khusus untuk Babinsa, saya kalau pas ke daerah, kalau turun ke desa, itu mendengar. Oleh sebab itu, Babinsa juga dimulai nantinya di bulan Juli, akan ada kenaikan pendapatan operasional yang biasanya per bulan terendah itu Rp 310.000, akan dinaikkan menjadi Rp 2.700.000. Ini melompat 771 persen," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kenaikan pendapatan operasional Babinsa. Dari semula Rp 1.335.000 menjadi Rp 3.600.000.

"Saya kira, seluruh Babinsa yang mendengar pengumuman ini akan sangat bergembira, terutama yang berada di pelosok-pelosok," ucap Jokowi yang diiringi tepuk tangan meriah.
(nkn/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com